Rekomendasi Aplikasi Payroll untuk Berbagai Skala Bisnis

Pilih aplikasi payroll yang tepat sesuai skala bisnis perusahaan. Pelajari bagaimana mengelola gaji karyawan dengan efisien, dari perusahaan kecil hingga besar.

Daftar Isi
Ditulis oleh
Salma Nurshafa
·
September 21, 2023
· Waktu baca
5
menit
Rekomendasi Aplikasi Payroll untuk Berbagai Skala Bisnis

Setiap perusahaan memiliki kewajiban untuk membayar gaji karyawannya, sehingga pengelolaan gaji yang efisien dan akurat menjadi aspek penting dalam dunia bisnis.

Pengelolaan gaji yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko kesalahan, keterlambatan pembayaran, dan bahkan pelanggaran peraturan. Untuk mengatasi risiko-risiko tersebut, penggunaan aplikasi payroll dapat menjadi solusi untuk perusahaan, karena aplikasi payroll dapat sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang membantu perusahaan mengelola penggajian secara otomatis.

Namun di samping itu, setiap perusahaan atau bisnis memiliki karakteristik, ukuran, dan kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga pemilihan aplikasi payroll juga harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda memahami cara menyesuaikan aplikasi payroll atau software payroll sesuai kebutuhan perusahaan.

Klasifikasi Ukuran Perusahaan

Ukuran perusahaan adalah parameter yang mengukur besarnya bisnis berdasarkan faktor-faktor seperti jumlah karyawan, pendapatan tahunan, total aset, atau modal. 

Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2008 klasifikasi ukuran perusahaan dibagi dalam 4 (empat) kategori yaitu:

  1. Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro.

  1. Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari Usaha Menengah atau Usaha Besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil.

  1. Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau Usaha Besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan.

  1. Usaha Besar adalah usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh badan usaha dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besar dari Usaha Menengah, yang meliputi usaha nasional milik negara atau swasta, usaha patungan, dan usaha asing yang melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia. 

Baca juga : Payroll adalah Sistem Gaji Karyawan, Ini Prosesnya

Kriteria ukuran perusahaan yang diatur dalam UU No. 20 tahun 2008 diuraikan dalam tabel berikut:

Adapun kriteria ukuran telah diubah menyesuaikan perkembangan perekonomian, yang diatur dalam  PP Nomor 7 tahun 2021 sebagai berikut.

Kriteria Modal Usaha (Tidak Termasuk Tanah dan Bangunan Tempat Usaha) Penjualan Tahunan
Usaha Mikro Maksimal 1 Milyar Maksimal 2 Milyar
Usaha Kecil > 1 Milyar - 5 Milyar > 2 Milyar - 15 Milyar
Usaha Menengah > 5 Milyar - 10 Milyar > 15 Milyar - 50 Milyar

Sedangkan ukuran bisnis berdasarkan jumlah tenaga kerja menurut Badan Pusat Statistik adalah sebagai berikut:

Kriteria Jumlah Temaga Kerja
Usaha Mikro 1- 4 orang
Usaha Kecil 5 - 19 orang
Usaha Menengah 20 - 99 orang
Usaha Besar >100 orang

Kebutuhan Software Payroll untuk Berbagai Skala Bisnis

Perusahaan Kecil

Perusahaan kecil umumnya dihadapkan pada keterbatasan sumber daya dan anggaran. 

Oleh karena itu, perusahaan perlu memilih aplikasi payroll yang dapat membantu pengelolaan gaji karyawan dengan mudah dan cepat, sehingga perusahaan tidak perlu menambah jumlah karyawan dan dapat mengoptimalkan sumberdaya yang ada. 

Selain itu, memilih aplikasi payroll yang sesuai dengan anggaran dan jumlah karyawan menjadi langkah bijak dalam menjaga stabilitas keuangan perusahaan.

Perusahaan Menengah

Seiring pertumbuhannya, perusahaan menengah menghadapi tantangan penggajian yang lebih kompleks dibandingkan perusahaan kecil . Pertambahan jumlah karyawan membuat pengelolaan payroll dan keamanan data karyawan menjadi lebih ekstra. 

Perusahaan menengah membutuhkan software atau aplikasi payroll yang dapat mengelola gaji dengan efisien, menghitung berbagai komponen penggajian dengan mudah, serta memiliki standar keamanan data yang mumpuni.

Baca juga : Melindungi Data Gaji Karyawan dengan Sistem Payroll yang Aman

Perusahaan Besar

Tantangan pengelolaan payroll perusahaan besar hampir serupa dengan perusahaan menengah, tetapi lebih kompleks karena jumlah karyawan yang lebih besar.

Perusahaan besar juga umumnya memiliki keberagaman dan struktur tenaga kerja yang semakin kompleks, yang berpengaruh terhadap struktur kompensasi, seperti gaji, bonus, tunjangan, dan juga pajak

Aplikasi payroll yang dipilih perusahaan besar harus memiliki kemampuan untuk mengelola data payroll karyawan dalam jumlah besar, mengotomatisasi perhitungan gaji yang kompleks, menawarkan konfigurasi yang fleksibel, dan menyediakan laporan yang detail dan akurat.

Aplikasi Payroll CATAPA sebagai Solusi Payroll Semua Skala Bisnis

CATAPA adalah solusi proses payroll yang fleksibel dan dapat memenuhi kebutuhan dari berbagai skala perusahaan. CATAPA menawarkan harga yang terjangkau karena disesuaikan berdasarkan jumlah karyawan, sehingga cocok untuk perusahaan berskala kecil. 

Proses payroll dengan CATAPA hanya memerlukan 1x klik dalam waktu satu menit, menjadikannya mudah dan cepat. CATAPA juga telah tersertifikasi ISO 27001, sebuah standar internasional dalam sistem keamanan informasi.

Selain itu, CATAPA selalu up to date terhadap aturan pemerintah khususnya mengenai ketenagakerjaan dan pajak. CATAPA cocok untuk perusahaan menengah dan besar, karena CATAPA dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan, seperti dalam hal pengelolaan data dan payroll.  

CATAPA juga menyediakan fitur Asisten Analitik GPT, untuk membantu perusahaan dalam analisis data payroll dan data karyawan dengan mudah. Dengan CATAPA, perusahaan dari semua skala bisnis dapat mengoptimalkan proses payroll mereka dengan mudah dan efisien.

hubungi kami