3 Alasan Mengapa Adaptasi Teknologi Bisa Meningkatkan Kinerja HR

Adaptasi teknologi berperan penting dalam membantu kinerja HR karena bisa membantu proses HR menjadi lebih efisien. Artikel ini akan membahas alasan pentingnya adaptasi teknologi bagi HR dan bagaimana strategi implementasinya

Daftar Isi
Ditulis oleh
Salma Nurshafa
·
May 15, 2024
· Waktu baca
5
menit
3 Alasan Mengapa Adaptasi Teknologi Bisa Meningkatkan Kinerja HR

Dunia bisnis penuh dengan dinamika yang luar biasa. Perubahan kondisi pasar, pergeseran preferensi konsumen, dan perubahan regulasi menghadirkan tantangan dan peluang bagi perusahaan. Di tengah lanskap bisnis yang terus berubah, adaptasi teknologi menjadi salah satu kunci utama bagi bisnis untuk tetap bertahan dan berkembang.

Bagi HR, adaptasi teknologi juga memiliki peran penting dalam membantu kinerja HR di perusahaan, karena bisa membantu  proses HR menjadi lebih efisien. Pada artikel ini akan dibahas alasan mengapa adaptasi teknologi dapat mendukung kinerja HR dan bagaimana strategi implementasinya.

Baca juga: Penerapan Artificial Intelligence (AI) pada Fungsi HR

Bagaimana Adaptasi Teknologi Bisa Mendukung Kinerja HR?

Analisis Data Mendalam

Teknologi memberikan kemudahan untuk divisi HR dalam mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data dengan cepat dan efisien. Dengan melakukan analisis data, HR dapat memahami berbagai aspek penting seperti kinerja karyawan, kebutuhan pelatihan, tren retensi dan turnover, produktivitas, kepuasan karyawan, dan lainnya. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan dan membuat strategi yang lebih tepat dan cepat dengan berdasarkan data.

Otomatisasi Proses HR

Teknologi memungkinkan otomatisasi berbagai proses bisnis, termasuk HR. Dalam proses HR, teknologi dapat membantu mengotomatisasi mulai dari manajemen data karyawan, penggajian, pelaporan, hingga analisis data. Dengan mengotomatisasikan tugas-tugas rutin ini, HR dapat lebih fokus pada aktivitas yang lebih strategis.

Baca juga: Memaksimalkan Profit Bisnis dengan Automasi Sistem Penggajian

Kepatuhan Terhadap Peraturan Pemerintah

Teknologi dapat membantu HR untuk memantau dan mengelola ketaatan terhadap peraturan pemerintah dengan lebih efektif. Dengan menggunakan teknologi, HR dapat beradaptasi dengan cepat apabila terdapat perubahan dalam peraturan pemerintah yang mempengaruhi proses HR, misalnya peraturan mengenai pajak penghasilan dan ketenagakerjaan.

Strategi Implementasi Adaptasi Teknologi Pada HR

  1. Identifikasi Kebutuhan: Evaluasi menyeluruh terhadap proses HR dan lakukan pemahaman mendalam tentang tantangan serta peluang yang ada dari adaptasi teknologi pada HR.
  2. Pemilihan Teknologi yang Sesuai: Riset pasar yang cermat untuk memilih solusi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan HR perusahaan.
  3. Pelatihan Karyawan: Pelatihan yang tepat untuk memastikan HR memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan teknologi baru.
  4. Penerapan Fraud Prevention: Pastikan untuk memilih teknologi yang telah menerapkan sistem fraud prevention. Langkah ini perlu dilakukan untuk mencegah risiko pencurian data penting perusahaan seperti data karyawan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memilih sistem yang tersertifikasi ISO 27001, yaitu sebuah standar Internasional untuk sistem manajemen keamanan informasi. Contoh penerapannya adalah dalam pemilihan sistem penggajian digital yang mana sangat erat kaitannya dengan data karyawan dan data penggajian perusahaan.

Dengan menerapkan strategi implementasi yang tepat, HR dapat memanfaatkan teknologi secara lebih efektif, sehingga kinerja HR menjadi lebih efisien. CATAPA adalah salah satu teknologi yang dapat membantu mempermudah pekerjaan HR, terutama yang berkaitan dengan penggajian. Aplikasi Payroll CATAPA dapat membantu HR memproses penggajian karyawan dengan berbagai komponennya secara cepat, mudah, dan aman.

COBA CATAPA SEKARANG!