Penerapan Artificial Intelligence (AI) pada Fungsi HR

Pengadopsian AI terus berkembang karena adanya efek penghematan biaya dan peningkatan pendapatan. Bagaimana cara HR mengimplementasi teknologi AI dalam fungsinya dalam perusahaan?

Menurut Oracle, pengertian sederhana untuk Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah sistem atau mesin yang meniru kecerdasan manusia untuk melakukan tugas dan secara berulang-ulang dapat meningkatkan kemampuannya berdasarkan informasi yang dikumpulkan.

Perkembangan Artificial Intelligence (AI)

Ide awal mengenai ‘mesin yang bisa berpikir’ yang dipercaya sebagai cikal bakal Artificial Intelligence (AI), ditemukan oleh Alan Turing pada tahun 1950. Sejak itu, berbagai ilmuwan mulai mengembangkan konsep AI. 

Perkembangan AI menjadi lebih umum dan semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari. Contohnya saat kita memesan ojek online, teknologi AI akan membantu mencari ojek terdekat. Atau saat kita ingin menonton film lewat aplikasi, AI akan membantu pencarian film yang sesuai dengan preferensi kita.

Meskipun demikian, AI tidak bermaksud untuk menggantikan kecerdasan manusia. AI dikembangkan untuk mempermudah pekerjaan manusia. AI memiliki kemampuan untuk memproses dan menganalisa kumpulan data jauh lebih cepat daripada otak manusia. Sehingga, AI dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses pengambilan keputusan berbasis data. Fungsi ini yang membuat AI menjadi teknologi yang sangat bernilai dalam berbagai industri bisnis. 

Menurut Dewan Eksekutif Teknologi CNBC, sekitar 81% eksekutif mengatakan bahwa kecerdasan buatan akan penting bagi perusahaan mereka pada tahun 2022. Saat ini, AI sudah bisa ditemukan dalam berbagai sektor, termasuk transportasi, manufaktur, keuangan, perawatan kesehatan, pendidikan, hiburan, dan manajemen HR.

Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Fungsi HR

Human Resources (HR) merupakan salah satu bagian terpenting dari perusahaan karena berhubungan langsung dengan karyawan. HR harus memastikan bahwa karyawan merasa puas dengan lingkungan pekerjaannya dan mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. 

AI dapat berperan penting dalam mewujudkan hal tersebut. AI meningkatkan manajemen HR dengan mengotomatisasi sebagian besar tugas HR yang bersifat repetitif. Sehingga HR bisa lebih fokus dalam lingkup pekerjaan strategis, seperti meningkatkan employer branding, dan menciptakan program untuk kepuasan karyawan.

Rekrutmen yang Lebih Efektif dan Efisien

Rekrutmen merupakan proses yang sangat penting dalam divisi HR. Proses ini akan menentukan kualitas individu yang akan dipekerjakan dan pengaruhnya dalam pertumbuhan perusahaan. 

Tetapi proses ini seringkali menjadi tantangan bagi tim rekrutmen. Perekrut harus mengidentifikasi kecocokan pelamar satu per satu dengan lowongan kerja dari berbagai divisi. Perekrut juga harus mengelola database pelamar, mengatur jadwal wawancara, dan merespon pertanyaan kandidat. 

AI dapat menghemat waktu dan tenaga yang diperlukan untuk mengerjakan tugas tersebut. Rekrutmen dengan AI dapat membantu pemilihan kandidat yang sesuai dengan standar perusahaan. Adanya chatbot juga mempermudah HR dalam mengatur jadwal wawancara secara otomatis kepada kandidat. Dapat dilihat bahwa AI bisa membuat proses rekrutmen jadi lebih sederhana, efektif, dan efisien.

Meningkatkan Keterlibatan Karyawan (Employee Engagement)

Komunikasi adalah aspek kunci dari keterlibatan karyawan. Pendekatan ini dimanfaatkan oleh chatbot untuk melibatkan seseorang dalam komunikasi yang menyerupai percakapan normal. 

Dalam manajemen HR, chatbot dapat membuat komunikasi karyawan jauh lebih interaktif dan kolaboratif. Chatbot juga dapat membantu HR dalam menyediakan berbagai informasi seperti slip gaji, jadwal shift, hingga pengajuan dan persetujuan cuti/lembur/absen. 

Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

AI dapat memberikan rekomendasi pembelajaran yang disesuaikan dengan peran pekerjaan, keahlian, dan riwayat pembelajaran pribadi. Dengan mendesain pelatihan yang sesuai dengan preferensi karyawan, perusahaan dapat mendorong pengembangan karyawan dan pertumbuhan keterampilan yang berkelanjutan.

Manfaat Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam HR

Tersedia 24/7

Tidak seperti HR yang membutuhkan hari libur, chatbot tersedia kapan saja di perangkat apa pun. Chatbots bisa memberikan respons langsung yang diharapkan pengguna ketika karyawan memiliki pertanyaan soal absensi, pelatihan, atau informasi perusahaan lainnya. 

Otomatisasi

AI dapat menjadi partner kerja yang bernilai tinggi bagi tim HR, karena dapat mendukung HR dengan mengotomatisasi pekerjaan yang repetitif. Sehingga tim HR dapat menggunakan waktu mereka untuk fokus pada tugas lain yang lebih strategis dan dapat menambah nilai bagi perusahaan.

Data Real-time

Jika sejumlah besar kandidat atau karyawan Anda mengajukan pertanyaan atau keluhan yang sama, Anda akan mengetahuinya dengan cepat melalui data analitik. Sehingga Anda dapat mengambil keputusan strategis berdasarkan informasi tersebut, untuk mencegah masalah semakin besar.

Dapat disimpulkan, pemanfaatan teknologi AI dapat merevolusi pekerjaan HR yang tadinya manual jadi serba otomatis, mulai dari urusan absensi hingga penggajian. Dalam sistem payroll modern, tim HR dapat memanfaatkan chatbot untuk memberi kemudahan karyawan terhadap akses slip gaji. Selain itu, ada kemudahan perhitungan komponen gaji dengan menggunakan aplikasi CATAPA. 

 

CATAPA merupakan Intelligent Payroll Platform yang bisa menyelesaikan proses penggajian bulanan 15 kali lebih efisien dengan harga yang terjangkau, mudah digunakan, dan menggunakan teknologi kecerdasan buatan.

 

Fitur-fitur CATAPA yang membantu memenuhi kebutuhan HR di perusahaan anda antara lain:

 

  • Aplikasi Payroll

Banyaknya komponen penggajian seperti pajak penghasilan atau PPh 21, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, komponen lembur, THR, dan bonus akan dimudahkan dalam proses penggajian CATAPA dengan Satu Klik.

 

  • Aplikasi Time Management

Memudahkan perusahaan untuk mengelola waktu kerja, seperti menerapkan flexi-time, jadwal kerja dengan shift, atau dengan pola kerja tertentu. Selain itu, membantu pengelolaan data kehadiran karyawan, izin, cuti, lembur dengan mudah, cepat, dan hemat kertas.

 

  • Aplikasi Benefit Management (Reimbursement)

Menjadikan proses pengajuan klaim hingga persetujuan atau penolakan klaim di perusahaan menjadi lebih praktis. Aplikasi ini dilengkapi dengan teknologi Receipt Auto Scan yang mempermudah karyawan dalam pengisian data saat mengajukan klaim.

 

 Dapatkan informasi lengkap tentang aplikasi CATAPA di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui:

  • Email: support@catapa.com
  • Phone: 150150
  • Live Chat (catapa.com): 09.00 - 18.00 WIB (operational hour) 

CATAPA © 2021. All Rights Reserved