Memaksimalkan Profit Bisnis dengan Automasi Sistem Penggajian

Setiap perusahaan pasti mengupayakan profitabilitas untuk menjaga keberlangsungan bisnis. Penerapan sistem penggajian otomatis dengan software payroll dapat menjadi salah satu cara untuk memaksimalkan profit perusahaan Anda.

Daftar Isi
Ditulis oleh
Muhammad Ichsan
·
February 20, 2023
· Waktu baca
5
menit
Memaksimalkan Profit Bisnis dengan Automasi Sistem Penggajian

Setiap perusahaan pasti mengupayakan profitabilitas untuk menjaga keberlangsungan bisnis di masa depan. Oleh karena itu, pelaku bisnis sebisa mungkin mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menghambat efisiensi finansial. Salah satu faktor yang mungkin jarang terlihat, namun berdampak besar terhadap profitabilitas adalah sistem penggajian Anda.

Selain untuk memenuhi hak karyawan, payroll juga berperan penting dalam perhitungan anggaran perusahaan. Namun dalam sistem penggajian konvensional, proses payroll yang kompleks dapat berisiko terjadinya kesalahan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan software payroll yang dapat memproses penggajian secara akurat.

Bagaimana Software Payroll Dapat Memaksimalkan Profit Perusahaan?

Selain tentunya dapat membuat tim HR Anda lebih bahagia dengan beban kerja yang dapat diselesaikan dengan lebih efisien, penerapan sistem penggajian otomatis menggunakan sofware payroll juga dapat memberikan keuntungan eksplisit dalam bisnis Anda, seperti: 

1. Mengurangi Biaya Tersembunyi

mengurangi biaya tersembunyi

Dalam menjalankan payroll secara manual atau on-premise, perusahaan tidak hanya mengeluarkan biaya gaji saja, melainkan ada banyak biaya tersembunyi yang terpendam dalam Total Cost of Ownership (TCO) ketika menjalankan solusi penggajian tradisional seperti biaya server dan maintenance. Seiring dengan pertumbuhan perusahaan, biaya-biaya ini dapat bertambah semakin besar dan meningkatkan pengeluaran. Secara tidak langsung, akan berdampak pula pada profitabilitas bisnis.

Menerapkan payroll otomatis memungkinkan Anda untuk menghemat pengeluaran dalam operasional penggajian yang sebelumnya harus digunakan untuk membayar tenaga kerja terdedikasi untuk mengelola proses administrasi data yang sifatnya berulang.

2. Membantu Pertumbuhan Bisnis

Membantu Pertumbuhan Bisnis

Software payroll berbasis cloud membuat siklus penggajian lebih akurat dan cepat, karena dapat mengotomasi perhitungan komponen gaji yang kompleks. Contohnya, software payroll seperti CATAPA dapat membantu HR perusahaan Anda untuk mengehemat waktu hingga 200 jam per tahun karena tak perlu lagi sibuk berkutat melakukan administrasi data yang berulang. Menggunakan software payroll, tugas administrasi dapat disederhanakan sehingga HR dapat berkontribusi aktif dalam pengambilan keputusan strategis terkait penggajian.

Selain itu, kemampuan software payroll untuk menghasilkan laporan HR secara otomatis dapat memudahkan pemilik bisnis untuk menganalisis data penggajian untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Dengan mengubah sistem penggajian lama dengan software payroll otomatis, Anda dapat mengeksplorasi peluang ekspansi dan pertumbuhan bisnis berdasarkan data yang lebih akurat.

3. Menjamin Reputasi Bisnis

Menjamin Reputasi Bisnis

Kebocoran data tidak hanya menjadi ancaman bagi tim IT saja, namun juga bagi keberlangsungan perusahaan. Studi menunjukkan bahwa 29% bisnis yang menghadapi pelanggaran data juga berdampak pada kehilangan pendapatan. Kebocoran data juga dapat mempertaruhkan reputasi perusahaan secara jangka panjang, yang membuat perusahaan dapat kehilangan kepercayaan dari karyawannya. Karena itu, perusahaan perlu memastikan bahwa sistem penggajian yang diterapkan sudah memenuhi standar keamanan data.

Berbagai sofware payroll berbasis cloud seperti CATAPA sudah menjadikan keamanan sebagai prioritas utama dalam pengembangan produk mereka. CATAPA menggunakan standar keamanan kelas dunia seperti 2 Factor Authentication (2FA) dan Battle Tested Encryption untuk melindungi data penggunanya. Secara proses bisnis, CATAPA juga sudah tersertifikasi ISO 27001 sehingga Anda tak perlu khawatir soal keamanan data baik dari sisi produk yang Anda gunakan maupun dari proses bisnis perusahaan penyedia layanan software payroll.

Penggajian adalah bagian penting dari perusahaan mana pun. Melakukan administrasi payroll secara manual memakan waktu dan rawan terjadi kesalahan, jadi mengotomasi proses penggajian Anda sangat penting untuk efisiensi. Ada banyak pilihan software payroll unggulan yang dapat menjadi pilihan, seperti CATAPA. Jadi pastikan memilih yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

CATAPA menawarkan konsultasi gratis untuk membantu bisnis Anda menjawab tantangan dalam penerapan sistem payroll yang terautomasi. Jadwalkan meeting, atau konsultasikan kebutuhan sistem penggajian Anda bersama CATAPA melalui halaman hubungi kami.

COBA CATAPA SEKARANG!