HR Analytics: Pengertian, Manfaat, dan Proses Penerapannya

HR analytics dapat digunakan perusahaan untuk mengubah data menjadi rangkaian informasi, yang dapat membantu HR lebih akurat dan objektif dalam pengelolaan karyawan. Dengan memanfaatkan HR analytics, perusahaan dapat memastikan keputusan yang diambil sudah tepat dalam mengoptimalkan perkembangan bisnis.

Daftar Isi
Ditulis oleh
Salma Nurshafa
·
September 12, 2022
· Waktu baca
5
menit
HR Analytics: Pengertian, Manfaat, dan Proses Penerapannya

Dalam aktivitas sehari-hari, HR dihadapkan pada berbagai jenis data yang dikumpulkan secara rutin. Namun, data mentah tersebut tidak dapat memberikan informasi berarti bagi perusahaan jika tidak dianalisis terlebih dahulu. Karena itu, perusahaan yang menggunakan HR analytics dapat meningkatkan peningkatan kinerja dengan perencanaan HR yang baik. 

Jika dilakukan dengan benar, HR analytics memungkinkan perusahaan untuk mengenal karyawan dengan sangat baik. Sehingga HR dapat membuat karyawan dan perusahaan tetap produktif dan efektif, bahkan dalam lingkungan yang terus berubah. 

Apa itu HR Analytics?

HR Analytics atau yang sering disebut juga People Analytics adalah proses mengumpulkan dan menganalisis data Human Resources (HR) untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam perusahaan. Implementasi HR analytics berfokus pada data dan tujuan untuk mempelajari semua proses, fungsi, tantangan, dan peluang karyawan di lingkungan kerja untuk mencapai kesuksesan bisnis berkelanjutan.

Pada dasarnya, dengan menganalisis data HR dapat mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih baik melalui penerapan statistik dan teknik interpretasi data lainnya. Dengan demikian, keputusan strategis yang diambil dapat diterapkan di seluruh siklus hidup karyawan. Mulai dari proses rekrutmen yang lebih baik, manajemen kinerja yang lebih efektif, hingga retensi karyawan yang lebih baik. 

Dengan berkembangnya teknologi, analisis data juga bertransisi menjadi analisis deskriptif, preskriptif dan prediktif. Untuk melakukan ketiga analisis ini, seringkali bergantung pada kemampuan artificial intelligence (AI), yang dapat membantu mengumpulkan dan menganalisis data dengan cepat dari banyak sumber.

Baca juga: Rekomendasi Software HR untuk Kelola Data Karyawan 

Mengapa HR Analytics Penting?

Pentingnya HR Analytics di Perusahaan
Pentingnya HR Analytics di Perusahaan

Menurut DDI, perusahaan yang unggul dalam people analytics dinilai 3 kali lebih baik dari pesaing mereka. Begitupun hasil survei yang dilakukan Deloitte dan Visier terhadap pemimpin bisnis, 70% eksekutif mengatakan bahwa mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik dan lebih cepat dengan akses terhadap people analytics.

Perusahaan yang tidak mengandalkan people analytics atau HR analytics dalam pembuatan keputusan memiliki resiko menghasilkan keputusan yang tidak tepat yang dapat mempengaruhi perusahaan, seperti tingkat turnover karyawan dan produktivitas karyawan. Dimana hal tersebut dapat merugikan perusahaan dari sisi finansial. Seperti laporan dari Work Institute, yang menyebutkan bahwa biaya turnover karyawan melebihi $700 miliar pada tahun 2021.

Manfaat Penerapan HR Analytics

Manfaat penerapan people analytics di perusahaan
Manfaat penerapan people analytics di perusahaan

HR analytics dapat memberikan banyak manfaat bagi pertumbuhan perusahaan. Beberapa manfaat melakukan HR analytics untuk perusahaan adalah :

1. Membuat Keputusan Berdasarkan Data

Perusahaan perlu mempertimbangkan banyak hal saat membuat keputusan terkait perkembangan bisnis. Dengan menggunakan HR analytics, perusahaan dapat membuat keputusan dengan lebih mudah dan lebih baik berdasarkan data, serta mencegah pengambilan keputusan yang bias.

2. Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Salah satu manfaat HR analytics adalah meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan. Dengan menganalisis berbagai aspek data HR, seperti beban kerja karyawan, absensi, inklusivitas, dan tren karyawan, perusahaan dapat menentukan strategi untuk mengoptimalkan kinerja karyawan.

Baca juga: 5 Metode dalam Penilaian Kinerja Karyawan 

3. Meningkatkan Retensi  Karyawan

Perusahaan dapat menganalisis data karyawan baik yang masih bertahan, maupun data karyawan yang mengundurkan diri beserta alasan-alasannya. Hasil analisis tersebut dapat digunakan untuk evaluasi dan menentukan strategi meningkatkan retensi karyawan. Selain itu, data tersebut juga dapat digunakan dalam strategi perekrutan karyawan.

4. Mengoptimalkan  Strategi Perusahaan

HR Analytics juga dapat berguna untuk menentukan pembuatan strategi perusahaan. Dengan cara menerjemahkan hasil dari analisis data HR yang kemudian dapat diimplementasikan dalam lingkungan kerja. Dengan menggunakan data HR, tim HR dapat berkontribusi dalam merancang strategi perusahaan yang lebih efektif dan berdasarkan data yang akurat.

5. Mengelola Anggaran Gaji dengan Lebih Efektif

Gaji atau payroll  merupakan salah satu pengeluaran terbesar dalam perusahaan. Salah satu tanggung jawab HR adalah memastikan bahwa investasi dalam payroll sesuai dengan kondisi dan pertumbuhan perusahaan.  Analisis data HR terutama payroll dapat membantu HR memperkirakan dan mengelola payroll perusahaan di masa mendatang.

Baca juga: 5 Alasan Utama Perusahaan Perlu Update Software HR 

Proses Penerapan HR Analytics

Proses penerapan people analytics di perusahaan
Proses penerapan people analytics di perusahaan

1. People Data

People data merupakan semua informasi yang dikumpulkan perusahaan terkait karyawannya, seperti usia, masa kerja, jenis kelamin, peran pekerjaan, gaji, peringkat kinerja, dan data pekerjaan lainnya. People data dapat diperoleh dari platform yang mendukung HR analytics seperti CATAPA Analytics Dashboard yang ada pada software payroll CATAPA.

2. Analytics

Melalui platform HR analytics, data diproses dan diolah menjadi informasi yang berguna bagi kelangsungan bisnis. Pada tahap ini, Anda dapat meninjau hasil dari pelaporan metrik untuk mengidentifikasi tren dan pola yang mungkin memiliki dampak bagi perusahaan. Ada berbagai metode analisis yang dapat digunakan, yaitu analisis deksriptif, analisis prediktif, dan analisis preskriptif. 

Jenis-jenis HR analytics atau people analytics
Jenis-jenis HR analytics atau people analytics

3. Evaluate

Setelah metriks telah selesai dianalisa, temuan dari hasil analisis dapat digunakan sebagai informasi untuk ditindaklanjuti dalam proses pengambilan keputusan strategis perusahaan. Anda juga perlu mengevaluasi proses HR analytics yang sudah dilakukan untuk melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

Optimalkan HR Analytics dengan CATAPA Analytics Dashboard

Memahami karyawan sama pentingnya dengan memahami pelanggan atau konsumen. Perusahaan yang menganggap karyawan sebagai partner dalam pertumbuhan bisnis akan lebih mudah untuk meningkatkan daya saing. HR analytics merupakan kunci untuk memahami hubungan karyawan dan bisnis, sehingga dapat menghasilkan produktivitas terbaiknya.

Untuk memudahkan Anda melakukan HR Analytics dengan optimal, CATAPA Analytics Dashboard membantu Anda menyediakan berbagai data HR secara real time

Dengan CATAPA Analytics Dashboard Anda dapat memperoleh berbagai data HR yang akan membantu Anda dalam menentukan keputusan yang optimal. Selain itu, Anda juga dapat kustomisasi data HR dalam berbagai tampilan. Jika Anda tertarik untuk menggunakan CATAPA Analytics Dashboard, hubungi kami melalui 150 150 atau contact@catapa.com

COBA CATAPA SEKARANG!