Mau Jadi HR Profesional? Ini 3 Skill HRD yang Wajib Anda Kuasai

Tren teknologi tidak lagi mendefinisikan HR sebagai departemen yang berfungsi untuk tugas-tugas administratif dan rekrutmen saja. Agar dapat menjadi HR yang tidak tergantikan dengan kemajuan teknologi, berikut ini beberapa skills yang perlu Anda kuasai untuk menjadi HR profesional.

Mau Jadi HR Profesional? Ini 3 Skill HRD yang Wajib Anda Kuasai

Penelitian dari Boston Consulting Group menunjukkan bahwa Human Resources (HR) merupakan salah satu industri yang mengalami disrupsi dalam hal kebutuhan skills. Dapat dikatakan bahwa peran HR dan skills yang dibutuhkan mengalami perubahan secara cepat dan signifikan. Sehingga diperlukan adanya perkembangan kompetensi yang baru untuk HR professional agar dapat menunjukkan kinerja yang baik dan sukses dalam karirnya.

Tranformasi digital telah melahirkan beberapa tren baru dalam HR atau Sumber Daya Manusia, seperti Artificial Intelligence (AI), machine learning, analisa HR, remote working atau kerja jarak jauh dan lainnya. Perubahan ini mempengaruhi kebutuhan atas HR profesional, yang kini diharapkan dapat berkontribusi pada tujuan organisasi dan membantu bisnis berkembang.

Baca juga: Human Resources Management: Definisi, Fungsi, dan Pilihan HRIS Terbaik 

Menurut penelitian dari AIHR, hanya 41% dari HR profesional yang mampu meningkatkan efisiensi melalui penggunaan teknologi dan data. Data tersebut menunjukkan bahwa meningkatkan skills dalam proses digitalisasi dan otomatisasi akan menjadi kebutuhan penting bagi HR profesional di masa mendatang. 

1. People Analytics atau HR Analytics

People analytics atau yang sering disebut juga sebagai HR analytics merupakan salah satu skills prioritas bagi sebagian besar perusahaan. HR Analytics merupakan analisis dan pelaporan data HR untuk mengukur metriks SDM pada kinerja perusahaan. Dengan kata lain, HR analytics merupakan manajemen HR dengan pendekatan berbasis data.

Memang tidak semua HR profesional perlu memiliki spesialisasi dalam analisis SDM. Tetapi sebagai HR tetap membutuhkan kemampuan untuk mengolah data HR untuk membuat keputusan strategis berdasarkan informasi data karyawan. Sebagai contoh, skills dalam HR analytics, dapat memudahkan HR profesional untuk mengidentifikasi karyawan mana saja yang memiliki prestasi terbaik dan membuat strategi untuk mempertahankannya. Pada akhirnya, strategi tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis, karena perusahaan mendapatkan kinerja terbaik dari karyawan-karyawan terpilih.

2. Recruitment Marketing 

Rekrutmen merupakan salah satu komponen penting dalam HR karena perkembangan lingkungan bisnis saat ini mengubah proses rekrutmen menjadi salah satu saluran pemasaran yang efektif. Selain itu, perusahaan perlu memastikan bahwa proses rekrutmen yang ditawarkan merupakan yang terbaik, untuk meningkatkan nilai kompetitif di antara pesaing.

Sebagai HR profesional, Anda perlu memiliki skills yang menggabungkan antara strategi rekrutmen dan tools yang tepat. HR profesional dapat memanfaatkan platform media sosial, software HR untuk automasi, dan channel komunikasi lainnya untuk menarik kandidat terbaik. 

Baca juga: 5 Alasan Utama Perusahaan Perlu Tingkatkan Software Payroll

3. HR Technology

Saat ini hampir tidak ada fungsi HR yang tidak memiliki tools atau software yang bisa dimanfaatkan untuk mengotomatisasi atau mendigitalisasi prosesnya. Mulai dari aplikasi payroll hingga rekrutmen sudah terdapat berbagai solusi teknologinya. Sehingga di masa mendatang, HR profesional perlu dilengkapi dengan skills dalam teknologi. Setidaknya untuk memahami solusi dari teknologi-teknologi terbaru dan potensi yang dapat dibawa untuk pertumbuhan perusahaan.

Demikian skills yang dapat Anda tingkatkan agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi. Jika perusahaan Anda ingin mengoptimalkan proses manajemen HR dengan automasi, Anda dapat menggunakan aplikasi payroll CATAPA. Dengan kemudahan One Click Payroll di CATAPA, Anda bisa melaksanakan berbagai fungsi HR dalam hal penggajian secara mudah, cepat, dan akurat.

Aplikasi CATAPA juga memudahkan Anda dalam mengelola absensi karyawan. Pencatatan kehadiran karyawan dapat dilakukan secara otomatis melalui Employee Self Service (ESS). Data kehadiran ini akan terekam secara terpusat dan dapat diintegrasikan dengan payroll bulanan. Sehingga HR dapat mengeliminasi proses manual yang muncul dalam administrasi HR.

 

Kunjungi website resmi CATAPA untuk informasi lengkap, atau hubungi kami melalui link berikut ini.

CATAPA © 2022. All Rights Reserved