10 Manfaat Software HR Berbasis Cloud untuk Bisnis Anda

Software HR berbasis cloud menawarkan banyak manfaat di tempat kerja dan dapat membantu merampingkan banyak tugas dalam manajemen SDM. Berikut berbagai keuntungan menggunakan software HR bagi perusahaan.

Teknologi digital dapat membantu bisnis Anda dalam banyak hal, salah satunya membuat operasional harian Anda lebih mudah dan lebih hemat biaya. Tidak terkecuali pada manajemen HR di perusahaan Anda.

Kini manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) tidak lagi terbatas pada tumpukan dokumen administrasi. Berkat solusi dari software HR berbasis cloud, HR dapat mengurangi dan menyederhanakan tugas administratif seperti penggajian, pengelolaan kompensasi dan tunjangan, dan mengatur jadwal kerja secara otomatis.

Apa Itu Software HR Berbasis Cloud?

Cloud computing atau komputasi awan merupakan suatu metode komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Secara sederhana, cloud computing menawarkan perangkat lunak yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih mudah digunakan oleh bisnis Anda.

Dalam manajemen HR, sistem cloud memungkinkan perusahaan Anda untuk meninggalkan perangkat lunak yang mahal, yang juga seringkali membutuhkan infrastruktur dan pemeliharaan rutin dari pakar IT. Sedangkan dengan software HR berbasis cloud, yang perlu perusahaan Anda lakukan hanya membayar biaya bulanan atau tahunan untuk mendapatkan akses ke fitur software HR. Jika terjadi masalah, bantuan akan disediakan dengan cepat oleh penyedia layanan.

Berdasarkan survey dari Information Services Group (ISG), 46% perusahaan di seluruh dunia menggunakan platform HR Software as a Service (SaaS). Survey tersebut juga menunjukkan bahwa 57% organisasi berharap untuk menggunakan HR SaaS atau software HR pada tahun 2023.

10 Manfaat Software HR Berbasis Cloud

Dalam mengelola pekerjaannya, tim HRD sering dihadapkan pada tantangan pengelolaan data karyawan secara efektif. Tantangan ini semakin sulit saat HRD  menggunakan dokumen terpisah untuk mengelola tugas sehari-hari, seperti pemrosesan penggajian dan administrasi tunjangan. Software HR berbasis cloud menawarkan banyak manfaat di tempat kerja dan dapat membantu merampingkan banyak tugas manajemen tenaga kerja. Berikut ini adalah manfaat penggunaan software HR berbasis cloud dalam manajemen SDM bagi bisnis Anda.

1. Penghematan Biaya 

Daripada membeli perangkat lunak secara langsung, software HR berbasis cloud seperti CATAPA dapat digunakan dengan cara berlangganan dengan harga yang terjangkau. Pengeluaran yang Anda keluarkan akan sesuai dengan layanan yang digunakan. Sehingga perusahaan tidak perlu membayar fitur-fitur yang tidak dibutuhkan. Hal ini membuat manajemen SDM Anda lebih efisien.

2. Menghitung Payroll Secara Otomatis

Salah satu hal penting dalam manajemen SDM adalah pembayaran payroll. Mengelola payroll terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi tim HR karena banyaknya komponen yang mempengaruhi, seperti pajak penghasilan atau PPh 21, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, komponen lembur, THR, dan bonus. Penggunaan software HR berbasis cloud dapat menyederhanakan tugas tersebut. Perusahaan tidak perlu lagi melakukan perhitungan payroll secara manual. Karena software HR berbasis cloud yang akan mengerjakan perhitungannya secara otomatis, dengan integrasi antara payroll dan komponen-komponen yang berlaku. 

Baca juga: Modernized Payroll with AI

3. Memudahkan Laporan Bulanan

Software HR berbasis cloud juga bermanfaat untuk menghasilkan laporan yang dibutuhkan oleh perusahaan, seperti informasi payroll dan administrasi HR. Ada juga fitur Custom Report, yang memudahkan perusahaan untuk menyajikan laporan sesuai dengan yang dibutuhkan.

4. Menjamin Keamanan Data Karyawan

Karena berkaitan dengan informasi pribadi karyawan, keamanan data menjadi hal yang sering dipertanyakan oleh perusahaan saat hendak menggunakan software HR berbasis cloud. Kabar baiknya, seluruh data karyawan akan dienkripsi dan dipastikan terjaga kerahasiaannya dari pihak yang tidak berwenang. Selain itu, software HR seperti CATAPA memiliki dua lapisan pengamanan atau yang lebih dikenal 2FA (Two-Factor Authentication).

5. Kemudahan Akses Informasi

Software HR berbasis cloud memungkinkan perusahaan untuk memantau absensi karyawan lebih mudah. Informasi kehadiran karyawan ini juga termasuk keterlambatan atau kelebihan jam kerja. Kemudahan ini dapat membantu tim HR memantau performa kehadiran karyawan secara akurat dan cepat. 

6. Adaptif Terhadap Peraturan Pemerintah

Sangat penting bagi HR untuk tetap up to date undang-undang ketenagakerjaan yang terkadang mengalami perubahan. Software HR berbasis cloud membuat hal ini lebih mudah karena Anda dapat menyesuaikan prosedur dan fitur saat diperlukan.

7. Analisa Data Lebih Akurat

Agar HR dapat menjadi partner bisnis perusahaan yang berkontribusi dalam strategi bisnis, keputusan HR harus berdasarkan data. Software HR berbasis cloud memungkinkan untuk menyediakan data real time. Hal ini memudahkan HR untuk melakukan analisis komparatif, sehingga bisnis tidak tertinggal oleh kompetitor dalam hal rekrutmen, retensi, dan kompensasi karyawan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa UMKM Perlu Menggunakan HRIS

8. Meningkatkan Produktivitas 

Semakin banyak waktu yang dimiliki tim HR untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan, semakin menguntungkan bagi perusahaan. Software HR berbasis cloud dapat mengeliminasi waktu yang biasanya dipakai dalam manajemen SDM secara manual, seperti proses penggajian dan pengelolaan laporan. Sehingga tim HR tidak hanya menghabiskan waktu dalam urusan administrasi.

9. Terbuka untuk Inovasi

Di masa lalu, jika software yang Anda gunakan sudah out of date, perusahaan harus melakukan upgrade, penerapan dan pelatihan. Ketiganya menambah biaya kepemilikan software Anda. Sedangkan software HR berbasis cloud mudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi, sehingga dapat ditingkatkan terus mengikuti fitur-fitur terbaru.

10. Meningkatkan Kolaborasi

Proses kolaborasi bisa jadi lebih mudah dengan menggunakan software HR berbasis cloud, karena data dapat dibagikan dan diubah secara fleksibel. Software HR juga menyediakan opsi untuk pengelolaan hak akses untuk peran masing-masing. 

Dengan berbagai keuntungan yang diberikan software HR berbasis cloud, sudah waktunya perusahaan Anda mulai mendigitalisasi sistem HR bersama CATAPA. Mulai dari absensi online, perhitungan cuti dan lembur otomatis, hingga perhitungan gaji karyawan dengan komponen gaji seperti pajak penghasilan PPh 21, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui CATAPA.

Jika Anda ingin mengenal lebih lanjut tentang CATAPA, Anda bisa mengakses brosur digital CATAPA di sini. Anda juga bisa mencoba langsung fitur CATAPA dengan mendaftarkan diri dengan klik tombol di bawah ini.

CATAPA © 2021. All Rights Reserved