5 Alasan Mengapa UMKM Perlu Menggunakan HRIS

Semakin berkembangnya sebuah UMKM, permasalahan administrasi baru pun mulai bermunculan. HRIS mungkin dapat menjadi solusi untuk mengatasinya

UMKM yang Anda miliki kian hari kian ramai. Operasional bisnis yang mulanya cukup dengan hanya beberapa karyawan kini tak lagi mampu menangani pesanan yang semakin banyak jumlahnya. Expansi dan scale up pun akhirnya dilakukan demi mengikuti permintaan pasar yang semakin meningkat. 


Namun jika berbicara soal scale up atau peningkatan bisnis, tidak bisa hanya berbicara mengenai penambahan karyawan operasional dan aset besar seperti gedung baru beserta isinya. Cara menjalankan operasional bisnis pun juga harus ikut berubah untuk menghadapi dan menanggulangi masalah yang menyertai proses scale up tersebut. 


Semakin berkembang sebuah bisnis, maka akan muncul juga masalah-masalah yang sebelumnya mungkin tak terpikirkan. Hal-hal seperti urusan administrasi karyawan yang sebelumnya dapat dikerjakan sebentar, kini harus memakan waktu cukup lama karena jumlah karyawan yang membludak tetap harus diproses satu persatu. 


Lembur dan waktu libur pun akhirnya termakan demi menyelesaikan pekerjaan administratif yang menumpuk. Mulai dari proses penggajian, pengajuan ketidakhadiran, sampai masalah kompensasi. Berkas demi berkas semakin menumpuk, dan kadang hingga berceceran. Akhirnya waktu Anda habis hanya untuk menyelesaikan pekerjaan administratif saja. 


Mempekerjakan karyawan administratif mungkin menjadi solusi yang paling umum untuk menyelesaikan permasalahan ini. Namun ada solusi alternatif lain yang hadir dari inovasi teknologi, yaitu dengan menggunakan software HRIS. 


Software HRIS memang dirancang khusus untuk menangani permasalahan personalia perusahaan seperti permasalahan membludaknya proses administratif karyawan yang sudah disebutkan sebelumnya. 


Dan ini adalah beberapa alasan mengapa software HRIS dapat menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan Anda.


1. Cepat dan Efisien

Software HRIS memang dirancang khusus untuk meningkatkan efisiensi beban kerja administratif. 


Proses merepotkan seperti mengetik satu persatu data karyawan pada sheet excell, menghitung kompensasi dan gaji karyawan, approval cuti dan absensi, hingga buang-buang kertas untuk print berbagai dokumen yang diperlukan, tak perlu lagi dilakukan saat anda mulai menerapkan HRIS.


Dengan HRIS, semua proses administrasi, mulai dari penggajian, perhitungan kompensasi, hingga urusan absensi dapat dilakukan secara otomatis, dengan hanya beberapa klik dari satu aplikasi yang sama. 


Waktu yang digunakan untuk memproses administrasi karyawan pun dapat dipangkas hingga 15 kali cepat jika dibandingkan dengan proses manual, sehingga proses administrasi Anda akan jadi jauh lebih efisien.

2. Mudah Digunakan dan Diterapkan

Meski kedengarannya seperti sebuah teknologi yang canggih dan rumit, HRIS sebenarnya sangat mudah untuk digunakan dan diterapkan. 


Tak perlu perangkat tambahan khusus, HRIS dapat digunakan lewat device pribadi Anda seperti ponsel dan laptop. Jika anda memiliki perangkat pendukung lain seperti mesin fingerprint, HRIS juga dapat diintegrasikan dengan perangkat pendukung yang Anda punya.


Tampilan aplikasi HRIS juga biasanya sangat user friendly. Bahkan beberapa vendor HRIS seperti CATAPA akan dengan senang hati membantu Anda bertransisi untuk menggunakan HRIS hingga mahir. 

3. Fleksibel

Tidak semua bisnis memiliki permasalahan yang sama. Ada yang memiliki permasalahan dalam penggajian, tapi tidak bermasalah dalam hal manajemen karyawan. Ada yang bermasalah dengan proses absensi karyawan, namun tidak dengan urusan menghitung kompensasi. 


Karena software HRIS biasanya berbentuk platform, Anda bisa dengan bebas memilih modul-modul sesuai dengan kebutuhan. Modul-modul khusus seperti payroll untuk membantu proses penggajian, hingga modul khusus employee management untuk mengurus absensi, dan cuti dapat Anda pilih secara independen tanpa ada keharusan untuk memilih semuanya. 

4. Lebih Hemat

Software HRIS pada umumnya memiliki mekanisme pricing atau pembayaran yang sangat fleksibel. 


Selain hanya membayar modul yang Anda butuhkan, vendor HRIS seperti CATAPA juga biasanya memberlakukan pembayaran dengan sistem per kepala. Itu artinya, harga yang berlaku sesuai dengan jumlah karyawan yang Ada di perusahaan Anda. 


Kisaran harga umum yang dipatok vendor HRIS pun bisa dibawah Rp 10.000 per kepala per bulan, dimana harga tersebut dapat dikatakan cukup murah.


5. Lebih Bebas Mengembangkan Bisnis

Dengan menggunakan HRIS, pelaku bisnis UMKM yang umumnya harus mengerjakan berbagai beban kerja sendiri dapat dapat mempergunakan waktunya dengan lebih bebas karena tak lagi harus menghabiskan banyak waktu untuk mengurus hal-hal yang sifatnya administratif. 


Karena tak perlu lagi dipusingkan dengan urusan kepegawaian dan administratif, Anda bisa menggunakan waktu yang terbebas ini untuk memulai inisiatif marketing baru, mengembangkan produk, atau sekedar untuk rehat sejenak dari pekerjaan yang penuh tantangan ini. 


Itulah 5 alasan mengapa UMKM perlu menggunakan HRIS untuk mempermudah proses administrasi dan kepegawaian mereka. Selain mudah digunakan dan relatif murah, penggunaan HRIS juga sangat berguna untuk menghemat waktu sehingga Anda dapat fokus untuk mengembangkan inisiatif lain pada bisnis Anda. 


Tertarik menggunakan HRIS untuk membuat proses administrasi UMKM anda lebih efisien? Coba saja CATAPA, salah satu HRIS yang sudah diakui di Indonesia, DAFTAR disini



CATAPA © 2021. All Rights Reserved