Manfaat dan Contoh Template Lengkap Slip Gaji Karyawan

Temukan berbagai manfaat dan contoh template slip gaji karyawan. Format slip gaji bervariasi di setiap perusahaan, namun umumnya informasi didalamnya hampir sama

Daftar Isi
Ditulis oleh
Salma Nurshafa
·
August 31, 2023
· Waktu baca
5
menit
Manfaat dan Contoh Template Lengkap Slip Gaji Karyawan

Slip gaji merupakan salah satu dokumen penting yang dikeluarkan perusahaan. Fungsinya adalah sebagai bukti bahwa perusahaan telah melaksanakan proses pembayaran gaji kepada karyawan. 

Selain sebagai bukti, slip gaji juga memiliki berbagai manfaat lainnya. Pemberian slip gaji umumnya dilakukan bersamaan dengan pembayaran gaji karyawan.

Memberikan slip gaji menjadi kewajiban bagi perusahaan dan hak yang dimiliki oleh semua karyawan. Kewajiban ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021, yang sebelumnya tercantum pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015.

Meskipun formatnya bervariasi di setiap perusahaan, umumnya informasi yang terkandung di dalamnya hampir seragam, yakni meliputi berbagai komponen pendapatan atau potongan yang diberikan oleh perusahaan. Informasi yang tertera dalam bukti pembayaran ini adalah rahasia pribadi karyawan.

Artikel ini akan membahas mengenai manfaat, berbagai contoh template, serta aplikasi yang dapat membantu Anda membuat slip gaji karyawan otomatis. Mari simak artikelnya!

Manfaat Slip Gaji

1. Transparansi Pendapatan Karyawan

Dengan menyajikan informasi terperinci mengenai gaji pokok, tunjangan, insentif, potongan PPh 21, iuran pensiun, dan lainnya, membuat karyawan memiliki kesempatan untuk memahami perhitungan pendapatan mereka. 

Informasi ini juga memberikan pemahaman tentang bagaimana setiap komponen mempengaruhi jumlah pendapatan yang diterima oleh karyawan di setiap periode pembayaran.

2. Bukti Pembayaran yang Sah

Dengan memberikan bukti, karyawan lebih yakin bahwa gaji mereka telah diterima sesuai dengan perjanjian kerja dan kompensasi yang disepakati. 

Baca juga : Manfaat Memantau Laporan Penggajian Secara Menyeluruh untuk Kemajuan Perusahaan

3. Pengelolaan Keuangan Pribadi

Dengan mengetahui rincian pendapatan dan potongan yang tercantum, karyawan dapat merencanakan pengeluaran mereka, mengatur tabungan, dan melakukan perencanaan keuangan jangka panjang dengan lebih efektif.

4. Memenuhi Kewajiban Pajak dan Hukum

Slip gaji berperan dalam memastikan kepatuhan terhadap aturan terutama terkait perpajakan dan aturan ketenagakerjaan. 

Rincian pendapatan dan potongan yang tercatat bisa menjadi dasar untuk perhitungan pajak pendapatan karyawan. Selain itu, informasi yang akurat dan terperinci dalam slip gaji juga memastikan bahwa perusahaan mematuhi ketentuan hukum terkait upah minimum, asuransi kesehatan, pembayaran pajak penghasilan (PPh 21), dan  lainnya.

5. Pemantauan Kinerja/ Alat Evaluasi Kinerja Karyawan

Melalui informasi mengenai besaran insentif dan bonus yang terkait dengan pencapaian target, manajemen dapat  mengevaluasi kinerja serta kontribusi karyawan terhadap tujuan perusahaan.

Melihat besarnya komponen insentif dan bonus  juga mendorong karyawan untuk mencapai target dan berkontribusi lebih dalam upaya pencapaian perusahaan.

Baca juga : Pay for Performance: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Penerapannya

Template Slip Gaji Karyawan

Membuat format slip gaji yang jelas merupakan hal penting guna memudahkan pemahaman karyawan. Berikut ini berbagai contoh template yang dapat Anda gunakan:

  1. Contoh Slip Gaji Karyawan di Word
Contoh slip gaji karyawan sederhana di word
Contoh slip gaji sederhana di word

  1. Contoh Slip Gaji Karyawan di Excel
Contoh slip gaji karyawan sederhana di excel
contoh slip gaji sederhana excel

  1. Contoh Slip Gaji Karyawan Otomatis
Contoh slip gaji karyawan otomatis
Contoh Slip gaji otomatis di CATAPA

Software untuk Membuat Slip Gaji Otomatis

Apakah anda ingin membuat slip gaji otomatis untuk seluruh karyawan?

CATAPA adalah solusi untuk Anda yang ingin membuat slip gaji otomatis dengan mudah. Bukan hanya itu, di CATAPA Anda juga bisa menghitung berbagai komponen gaji seperti gaji pokok, PPh 21, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, bonus, dan lainnya secara otomatis dengan satu klik. Proses penggajian lebih cepat, mudah, dan aman dengan 3S Payroll Platform CATAPA.

COBA CATAPA SEKARANG!