5 Tantangan HR di Masa Kini dan Cara Menghadapinya

Sebagai penghubung antara manajemen dan karyawan, HR (Human Resources) memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan dan keberlanjutan perusahaan. Namun, seiring perkembangan zaman, tantangan HR pun menjadi semakin kompleks. Tantangan apa saja yang dihadapi oleh HR? Bagaimana cara menghadapi tantangan tersebut?

Daftar Isi
Ditulis oleh
Salma Nurshafa
·
June 17, 2023
· Waktu baca
5
menit
5 Tantangan HR di Masa Kini dan Cara Menghadapinya

Sebagai penghubung antara manajemen dan karyawan, HR (Human Resources) memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan dan keberlanjutan perusahaan. Namun, seiring perkembangan zaman, tantangan HR pun menjadi semakin kompleks, diantaranya karena perkembangan teknologi dan perubahan budaya kerja.

Tantangan apa saja yang dihadapi oleh HR pada masa kini? Bagaimana cara menghadapi tantangan-tantangan tersebut?

5 Tantangan HR di Masa Kini dan Cara Menghadapinya

1. Rekrutmen dan Seleksi

Di tengah persaingan yang semakin ketat, HR dihadapkan pada tantangan untuk merekrut karyawan terbaik. Perusahaan harus bersaing dengan perusahaan lain untuk menarik perhatian calon karyawan yang berkualitas.

Belum lagi adanya kemungkinan bias dalam proses rekrutmen dan seleksi, seperti dalam penyusunan iklan pekerjaan, penyaringan CV, atau saat melakukan wawancara. 

Untuk menghadapi tantangan dalam proses rekrutmen dan seleksi ini, HR perlu menerapkan strategi rekrutmen yang efektif dan juga objektif.

Baca Juga : Mau Jadi HR Profesional? Ini 3 Skill HRD yang Wajib Anda Kuasai

2. Retensi Karyawan

tantangan HR
Tantangan HR

Retensi karyawan merupakan kemampuan atau upaya perusahaan dalam mempertahankan karyawan. Mempertahankan karyawan terutama karyawan berbakat dalam persaingan industri yang semakin kompetitif menjadi tantangan tersendiri bagi HR. 

Dalam menghadapi tantangan ini, HR perlu membuat strategi retensi yang efektif salah satunya dengan menggunakan HR analytics. Dengan memanfaatkan data HR, perusahaan dapat membuat keputusan dan strategi yang objektif dan lebih cepat.

3. Kepemimpinan dan Manajemen

Saat ini perusahaan menghadapi keberagaman generasi dan perubahan budaya di tempat kerja. Untuk mengatasi ini, HR perlu mengembangkan kepemimpinan inklusif dan program evaluasi kinerja yang objektif. 

4. Kepatuhan Hukum dan Regulasi 

Tantangan HR selanjutnya adalah memastikan kegiatan perusahaan telah sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku, terutama dalam hal penggajian. Namun, memahami  peraturan pemerintah terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi jika dihadapkan dengan peraturan yang kompleks.

Untuk bisa menghadapi tantangan ini dengan mudah, terdapat aplikasi payroll yang dapat membantu HR untuk mengelola perhitungan penggajian dan pajak penghasilan agar selalu sesuai dengan peraturan pemerintah terbaru.

5. Perubahan Teknologi dan Transformasi Digital

Kemajuan teknologi telah mengubah cara kerja HR. Untuk menghadapi kemajuan teknologi ini, HR perlu beradaptasi dan melihat tantangan sebagai peluang. Salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan oleh HR adalah menggunakan aplikasi Payroll yang dapat meningkatkan kinerja HR terutama dalam penggajian. 

Namun, penting untuk perusahaan memilih aplikasi payroll yang memiliki sertifikasi keamanan, untuk menghindari risiko kebocoran data bagi perusahaan.

Baca Juga : Percepat Transformasi HR dengan Keunggulan Software HR Payroll

Mengatasi Tantangan HR dengan Aplikasi Payroll

Dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi HR di masa kini, aplikasi payroll CATAPA dapat menjadi solusi yang efektif. CATAPA dapat membantu HR dalam mengatasi tantangan seperti dalam proses penggajian, kepatuhan hukum dan regulasi penggajian, serta resiko kebocoran data.

CATAPA dapat membantu HR dalam menyelesaikan tugas dengan lebih optimal, terutama dalam penggajian yang merupakan tugas repetitif dan memakan waktu. 

CATAPA telah menggunakan standar keamanan kelas dunia sehingga dapat mengatasi kekhawatiran HR atau perusahaan akan keamanan data. CATAPA juga selalu up to date dengan aturan pemerintah terbaru seperti dalam hal penggajian dan pajak penghasilan, sehingga HR dapat memastikan kepatuhan perusahaan terhadap peraturan yang berlaku.

Dengan menggunakan aplikasi payroll CATAPA, memungkinkan HR untuk fokus pada tugas-tugas strategis yang lebih penting dalam mendukung pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan.

COBA CATAPA SEKARANG!