Percepat Transformasi HR dengan Keunggulan Software HR Payroll

Tim HR merupakan penghubung dengan setiap karyawan. Sehingga peran HR sangat penting dalam menangani semua kebutuhan dan masalah karyawan. Agar manajemen SDM dapat berjalan baik, HR perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang mendukung proses manajemen SDM.

Daftar Isi
Ditulis oleh
Ichsan
·
March 13, 2023
· Waktu baca
5
menit
Percepat Transformasi HR dengan Keunggulan Software HR Payroll

Tim Human Resources (HR) merupakan titik penghubung pertama dan terakhir dengan setiap karyawan. Sehingga peran HR sangat penting dalam menangani semua kebutuhan dan masalah karyawan. Agar manajemen SDM dapat berjalan baik, HR perlu mengambil peran sebagai support system bagi karyawan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang mendukung proses manajemen SDM.

Dengan berkembangnya operasional bisnis yang berubah serba digital atau online, transformasi pada fungsi HR menjadi kebutuhan yang perlu dilakukan sedini mungkin. Pada dasarnya, transformasi HR adalah upaya untuk menciptakan fungsi HR yang mendukung perusahaan dalam mencapai tujuan strategis.

4 Komponen penting dalam transformasi HR antara lain:

1. Digitalisasi data dan informasi
2. Proses otomatisasi
3. Penerapan analisis data
4. Meningkatkan interaksi dan komunikasi digital

Pada sistem HR konvensional, mengurus penggajian menjadi tantangan tersendiri bagi HR. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk menghitung komponen gaji dan mengolah data kehadiran. Tantangannya semakin besar saat perusahaan memiliki karyawan yang tersebar di berbagai lokasi, maka proses administrasi membutuhkan waktu lebih lama. Hal ini menyebabkan tidak ada waktu yang tersisa bagi HR untuk perencanaan strategis kepegawaian. Karena itu, mengganti sistem penggajian konvensional dengan penggunaan software payroll berbasi cloud adalah solusi ideal untuk menjawab tantangan HR sekaligus mencapai objektif di atas.

Adopsi Software Payroll Dapat Menjadi Awal Bagi Transformasi HR Perusahaan

Pengelolaan gaji karyawan merupakan salah satu tugas penting yang harus dilakukan oleh HR perusahaan. Namun, proses penggajian yang dilakukan secara manual dapat memakan waktu dan menguras tenaga karena banyaknya data yang harus diproses dalam suatu proses penggajian.

Software payroll dirancang untuk HR agar dapat meningkatkan efisiensi proses penggajian melalui fitur-fitur terbaiknya. Secara umum, software payroll dapat membantu HR untuk menjalani tugas-tugas administratif HR dan proses payroll dari hulu sampai hilir. Mulai dari pengelolaan data karyawan, perhitungan komponen gaji (PPh 21, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, cuti, lembur, izin), sampai penerbitan slip gaji karyawan.

Salah satu contoh software payroll yang dapat menjadi pilihan bagi perusahaan adalah CATAPA Payroll. Sebagai software berbasis cloud, CATAPA memiliki aksesibilitas yang fleksibel, sehingga HR dapat menyelesaikan proses payroll kapan pun di mana pun, hanya dengan 1x klik. Dengan CATAPA, perusahaan juga dapat mengelola data organisasi dengan lebih mudah dan cepat, sehingga perubahan yang terjadi dalam struktur organisasi perusahaan dapat dikomunikasikan dengan lebih cepat.

Kemajuan teknologi di sektor HR diciptakan untuk mendorong efisiensi dan kesuksesan bisnis di era new normal. Apapun industri dan skala bisnisnya, penting bagi Anda untuk memastikan transformasi digital pada operasional HR terutama pada penggajian karyawan. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat mendorong pertumbuhan bisnis menuju ke arah yang lebih baik.

COBA CATAPA SEKARANG!