Panduan Interaktif CATAPA untuk Kelola Payroll Lebih Mudah

Salah satu keunggulan software payroll adalah dapat digunakan dengan mudah oleh siapa saja, mulai dari bisnis kecil hingga skala besar. Sehingga pemilik bisnis yang tidak memiliki latar belakang HR pun dapat memproses payroll secara otomatis. Bahkan, CATAPA membuat proses penggajian Anda semakin mudah dengan fitur Panduan Interaktif. Simak artikel ini untuk penjelasan selengkapnya.

Daftar Isi
Ditulis oleh
Tantya Chandra
·
July 21, 2022
· Waktu baca
5
menit
Panduan Interaktif CATAPA untuk Kelola Payroll Lebih Mudah

Selama beberapa tahun terakhir, software HR berbasis cloud mengalami kemajuan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan dari berbagai industri sudah memahami pentingnya transformasi digital HR, tanpa terkecuali dalam mengelola proses payroll. Deloitte Global Payroll Benchmarking Survey tahun 2020 menunjukkan bahwa 49% perusahaan di Asia Pasifik sudah menggunakan teknologi berbasis cloud dalam menjalankan payroll di perusahaan mereka. Fakta ini juga didukung oleh hasil polling CATAPA yang menunjukkan bahwa automasi payroll menjadi pilihan utama untuk dikembangkan di tahun 2022.

Hasil polling CATAPA ‘Pilihan automasi HR di semester 2 tahun 2022’
Hasil polling CATAPA ‘Pilihan automasi HR di semester 2 tahun 2022’

Banyak alasan yang membuat aplikasi payroll menjadi fitur yang paling diminati ketika perusahaan beralih menggunakan software berbasis cloud untuk menjalankan operasional HR mereka. Alasan yang paling utama, adalah karena software HR berbasis cloud memungkinkan Anda mengakses data dari mana saja di perangkat apa pun secara real-time. Selain fleksibilitas, software HR juga menawarkan berbagai manfaat dalam aktivitas HR sehari-hari, baik dalam proses penggajian maupun tugas administratif lainnya. Dengan menggunakan software payroll, Anda dapat memudahkan perhitungan komponen gaji, pembuatan laporan terkait penggajian, akses informasi dan analisis data payroll, dan banyak kemudahan lainnya.

Meskipun software HR berbasis cloud terbukti memberikan banyak kemudahan dalam proses payroll, masih ada pelaku bisnis yang enggan untuk berpindah ke sistem payroll berbasis cloud. Pada perusahaan berskala besar, umumnya disebabkan karena kenyamanan atas proses penggajian dengan cara lama. Sehingga mereka tidak terbuka dengan adanya perubahan sistem dengan teknologi terbaru. 

Sedangkan bagi pemilik bisnis kecil, adanya anggapan bahwa software payroll hanya untuk perusahaan besar yang memiliki tim HR atau karyawan dengan pengetahuan HR yang mendalam. Kenyataannya, software payroll bisa digunakan siapa saja. Jika Anda merupakan pemilik bisnis tanpa latar belakang HR, CATAPA menyediakan fitur Panduan Interaktif untuk memudahkan Anda dalam proses payroll.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa UMKM Perlu Menggunakan HRIS

Fitur Panduan Interaktif untuk Proses Payroll di CATAPA

Untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam memproses payroll lebih mudah dengan One Click Payroll, CATAPA kini menghadirkan fitur Panduan Interaktif bagi seluruh pengguna aktif aplikasi payroll CATAPA. Fitur Panduan Interaktif ini akan memberikan gambaran cara memproses gaji di CATAPA secara komprehensif, mulai dari langkah pertama hingga selesai. Bantuan Panduan Interaktif tidak hanya dapat dinikmati oleh Anda yang baru pertama kali memproses gaji di CATAPA saja, namun juga dapat diakses bagi pengguna lama.

Beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan Panduan Interaktif antara lain:

  • Hemat Waktu Implementasi

Setiap software payroll tentu memiliki perbedaan, terutama dalam tampilan dan pilihan menu. Bagi Anda yang sudah tidak asing dengan penggunaan software payroll, Panduan Interaktif dapat memudahkan Anda untuk mengenali dasbor aplikasi CATAPA sehingga Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan sistem yang baru. Sedangkan bagi pengguna baru, Anda dapat menggunakan Panduan Interaktif sebagai ‘mentor online’ dalam menjalankan proses payroll pertama Anda.

  • Mencegah Risiko Terjadinya Kesalahan

Panduan Interaktif akan menunjukkan langkah demi langkah pada setiap menu yang Anda pilih. Dengan menggunakan Panduan Interaktif, akan meminimalisir terjadinya salah langkah atau kesalahan yang berhubungan dengan urutan proses. Sehingga Anda dapat fokus pada keakuratan data.

Cara Menggunakan Panduan Interaktif di CATAPA

Bagi pengguna baru CATAPA, Anda perlu menyelesaikan proses registrasi dan aktivasi terlebih dahulu. Setelah itu, Anda akan menemukan fitur Panduan Interaktif setelah berhasil masuk atau login di CATAPA yang ditunjukkan dalam gambar berikut ini.

Fitur Panduan Interaktif CATAPA untuk kemudahan proses payroll
Fitur Panduan Interaktif CATAPA untuk kemudahan proses payroll

Untuk pengguna lama yang ingin menikmati kemudahan proses payroll tanpa ribet dengan fitur Panduan Interaktif, Anda cukup klik simbol tanda tanya ‘?’ yang terletak di bagian kanan bawah layar Anda. Setelah itu, Anda bisa memilih menu Panduan Interaktif sesuai dengan yang Anda butuhkan. Saat ini, terdapat 9 menu Panduan Interaktif yang bisa Anda manfaatkan agar proses payroll jadi lebih hemat waktu.

  1. Pengenalan Dashboard CATAPA
  2. Tambahkan karyawan pertama Anda
  3. Tambahkan Keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan karyawan (Opsional)
  4. Tambahkan Keanggotaan BPJS Kesehatan karyawan (Opsional)
  5. Tambahkan Keanggotaan Pajak karyawan
  6. Tambahkan data Rekening Bank karyawan
  7. Atur Surat Keputusan (SK) gaji
  8. Proses gaji karyawan
  9. Proses pembayaran gaji karyawan

Cara menggunakan Panduan Interaktif di CATAPA
Cara menggunakan Panduan Interaktif di CATAPA

Masing-masing menu yang Anda pilih akan menunjukkan langkah demi langkah proses yang harus ditempuh hingga selesai, jadi Anda cukup mengikuti petunjuk yang muncul saja. Jika ada hal-hal terkait penggajian atau proses lain yang masih belum jelas, Anda bisa memanfaatkan halaman CATAPA Help Center atau menghubungi tim CATAPA melalui Live Chat. Anda juga bisa mengakses kedua layanan ini dalam fitur Panduan Interaktif.

Tampilan fitur Panduan Interaktif untuk memproses payroll
Tampilan fitur Panduan Interaktif untuk memproses payroll

Proses payroll di CATAPA dengan panduan interaktif‍
Proses payroll di CATAPA dengan panduan interaktif

Perlu diingat bahwa fitur Panduan Interaktif hanya dapat diakses oleh pengguna yang memiliki hak akses sebagai Administrator saja. Jadi, jika Anda ingin menggunakan fitur Panduan Interaktif, harap pastikan bahwa hak akses Anda atau tim yang terlibat sudah sesuai. Untuk melakukan pengaturan hak akses ini dapat dilakukan di dalam menu Manajemen Pengguna (User Management). Jika karyawan yang membutuhkan akses belum ada dalam daftar, Anda dapat menambahkan pengguna sesuai kebutuhan.

Cara mengatur hak akses pengguna di CATAPA
Cara mengatur hak akses pengguna di CATAPA

Kemudahan Mengelola Proses Payroll Karyawan dengan CATAPA

CATAPA terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan dalam pengelolaan payroll karyawan Anda melalui fitur-fitur unggulan. Salah satunya adalah fitur Panduan Interaktif yang memudahkan siapa saja dalam menggunakan CATAPA.

Tanpa proses yang ribet, Anda dapat memulai penggajian pertama Anda di CATAPA. Anda cukup memasukkan dan memastikan data karyawan sudah akurat. Selanjutnya, CATAPA akan melakukan proses payroll secara otomatis dengan One Click Payroll. 

Selain perhitungan payroll beserta komponen yang terdapat di dalamnya, CATAPA juga dapat terintegrasi dengan data absensi karyawan. Ditambah dengan bantuan Panduan Interaktif, proses payroll jadi semakin mudah dan hanya tinggal ‘klik’ saja!

Klik gambar di bawah ini untuk menikmati kemudahan CATAPA!

COBA CATAPA SEKARANG!