Apa itu Rekening Payroll? Ini Pengertian dan Manfaatnya

Rekening payroll adalah rekening bank terpisah yang digunakan untuk penggajian dan dibuat untuk mempermudah penyaluran gaji kepada karyawan.

Daftar Isi
Ditulis oleh
Salma Nurshafa R
·
February 22, 2024
· Waktu baca
5
menit
Apa itu Rekening Payroll? Ini Pengertian dan Manfaatnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah Rekening Payroll? Membuat rekening payroll seringkali menjadi kebutuhan bagi perusahaan.

Seiring dengan perkembangan zaman, proses penggajian yang sebelumnya rumit dan serba manual, kini menjadi lebih mudah berkat adanya sistem payroll yang mampu memproses penggajian dan segala komponennya secara otomatis.

Selain sistem payroll modern, rekening payroll juga merupakan solusi terkini untuk menyederhanakan dan meningkatkan efisiensi proses penggajian, baik bagi perusahaan maupun karyawan.

Pengertian Rekening Payroll

Rekening payroll adalah rekening bank terpisah yang digunakan untuk keperluan penggajian karyawan. Pembuatan rekening ini bertujuan untuk mempermudah penyaluran gaji kepada setiap karyawan.

Dengan adanya rekening payroll, perusahaan tidak perlu lagi mengirimkan gaji secara manual atau satu per satu kepada setiap karyawan. Rekening payroll juga dapat diintegrasikan dengan sistem payroll perusahaan.

Berbagai bank seperti BCA, Maybank, Mandiri, Danamon, dan bank lainnya telah menyediakan layanan pembukaan rekening payroll. 

Baca juga: Laporan Gaji Karyawan : Fungsi, Komponen, dan Contoh

Manfaat Rekening Payroll bagi Perusahaan

Penggunaan rekening payroll memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan, antara lain:

1. Lebih Aman

Memberikan gaji secara tunai lebih berisiko mendatangkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti uang hilang, atau kesalahan nominal dalam pembayaran gaji. 

Sebaliknya dengan rekening payroll, gaji karyawan akan langsung di transfer ke masing-masing rekening karyawan dengan nominal yang telah ditentukan.

2. Pembayaran Gaji Lebih Cepat dan Lancar

Pembayaran gaji secara langsung atau tunai membutuhkan waktu yang lebih lama karena prosesnya harus dilakukan satu persatu. 

Berbeda dengan pembayaran gaji menggunakan rekening payroll, dimana dapat dilakukan sekaligus ke seluruh karyawan.  Hasilnya, selain lebih cepat dan lancar,  karyawan juga bisa menerima gaji mereka dengan tepat waktu.

3. Proses Pembayaran Gaji Transparan

Dengan menggunakan rekening payroll, perusahaan dapat dengan mudah melakukan pengecekan atau pendataan terkait gaji karyawan. 

Pendataan gaji melalui rekening payroll tentu lebih mudah dibandingkan dengan pendataan pembayaran tunai yang datanya lebih rentan hilang.

4. Hemat Waktu dan Biaya

Penggunaan rekening payroll dapat  menghemat waktu dan biaya yang terkait dengan pendistribusian gaji secara langsung.

Baca juga: Perbedaan Software Payroll Berbasis Web dan Payroll Manual

Proses Payroll Otomatis dengan Software Payroll CATAPA

CATAPA adalah platform payroll terautomasi yang membantu perusahaan menjalankan proses penggajian secara efisien. mulai dari penyimpanan data, perhitungan gaji, pajak, BPJS, tunjangan, dan komponen lainnya. 

CATAPA juga memfasilitasi pembuatan slip gaji dan laporan secara otomatis, serta analisis data gaji dan data karyawan.

Untuk pembayaran gaji, CATAPA menyediakan file transfer bank siap pakai yang formatnya dapat disesuaikan berdasarkan bank yang digunakan perusahaan. 

Dengan CATAPA, penggajian karyawan dapat dilakukan dengan cepat, aman, dan mudah.

COBA CATAPA SEKARANG!