7 Kemudahan Perhitungan Gaji Karyawan dengan Software Payroll

Mengelola payroll secara efisien merupakan salah satu strategi yang mendukung pertumbuhan bisnis. Artikel ini akan menjelaskan berbagai kemudahan software payroll dalam perhitungan gaji karyawan.

7 Kemudahan Perhitungan Gaji Karyawan dengan Software Payroll

Penggajian atau payroll adalah bagian penting dalam operasional bisnis yang perhitungannya harus dilakukan secara akurat. Apapun industri dan skala bisnis Anda, karyawan menginginkan perusahaan untuk membayar gaji secara tepat waktu dan sesuai nominal yang sudah disepakati. Di sinilah pentingnya penggunaan software payroll berbasis cloud di perusahaan. 

Dengan menggunakan software payroll berbasis cloud, perusahaan Anda dapat menghindari terjadinya human error dalam proses perhitungan gaji, membuat perhitungan payroll lebih mudah, dan mengefisiensi total cost ownership (TCO) dalam operasional payroll karena biaya berlangganannya tergolong lebih terjangkau.

Pengertian Software Payroll

Software payroll adalah sistem manajemen penggajian di mana Anda dapat mengakses, mengoperasikan, dan mengontrol segala kebutuhan tentang penggajian Anda mulai dari awal penerimaan karyawan hingga karyawan berhenti. 

Software payroll berbasis cloud merupakan sistem penggajian yang dapat diakses jarak jauh dengan hanya menggunakan komputer yang terhubung ke internet. Sistem penggajian berbasis cloud menjadi solusi pintar bagi pemilik bisnis yang menjalankan usahanya secara jarak jauh. Karena sistem payroll ini memungkinkan karyawan untuk memproses payroll dari lokasi mana pun, dan memiliki akses yang sama ke informasi penggajian sesuai dengan hak aksesnya masing-masing. 

7 Kemudahan Perhitungan Gaji Karyawan dengan Software Payroll

Perhitungan gaji karyawan dengan software payroll

1. Keamanan Data

Data payroll terdiri dari informasi sensitif yang perlu dilindungi kerahasiaannya. Penting bagi perusahaan untuk memastikan sistem payroll yang digunakan menjamin keamanan data. Menggunakan software payroll seperti CATAPA dapat memastikan data karyawan Anda terenkripsi dan tidak dapat dilihat oleh pihak yang tidak berkepentingan.

2. Mudah Digunakan

Anda dapat memproses penggajian dengan mudah menggunakan software payroll, meskipun tidak memiliki latar belakang HR. Sehingga Anda bisa mengefisiensi biaya pelatihan karyawan. Umumnya, software payroll didukung dengan tampilan yang user-friendly, sehingga mudah digunakan siapa saja. Bahkan, CATAPA menyediakan fitur Panduan Interaktif yang membantu pengguna menjalankan langkah demi langkah dalam penggunaan fitur-fitur yang ada di CATAPA. 

3. Efektivitas Biaya

Biaya penggunaan software payroll didasarkan pada biaya berlangganan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. CATAPA menawarkan biaya berlangganan yang sangat terjangkau, yaitu Rp 5.900 per karyawan per bulan. Dengan biaya penggunaan yang relatif murah, perusahaan dapat melakukan penghematan yang cukup besar jika dibandingkan dengan software payroll on-premise ataupun penggajian manual. Perusahaan bisa memindahkan alokasi biaya pada area yang lebih strategis untuk pertumbuhan bisnis.

4. Kustomisasi

Dulu, jika software yang Anda gunakan sudah out of date, perusahaan harus melakukan upgrade, penerapan dan pelatihan. Ketiganya menambah total cost ownership (TCO). Sedangkan software HR berbasis cloud mudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi, sehingga dapat ditingkatkan terus mengikuti fitur-fitur terbaru. CATAPA juga otomatis menyesuaikan perubahan peraturan pemerintah. Jadi, Anda tidak perlu melakukan update secara manual.

5. Kemudahan Akses Karyawan

Melalui Employee Self Service (ESS), informasi penting terkait data karyawan dapat disimpan secara online. Portal karyawan ini juga memberi kemudahan akses bagi karyawan untuk mengunduh slip gaji, melihat riwayat kehadiran, dan informasi perusahaan lainnya. Sehingga dapat meningkatkan budaya transparansi dan memberi karyawan fleksibilitas dalam mengelola data pribadi.

6. Mendukung Integrasi

Software payroll juga dilengkapi dengan kemampuan integrasi, yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan sinkronisasi perhitungan payroll dengan data kehadiran atau pelacakan waktu. Dengan dukungan integrasi ini, pekerjaan administratif HR jadi lebih lancar dan efisien.

7. Layanan Customer Support

Keuntungan lain dalam penggunaan software payroll adalah tersedianya tim support. Tim customer support dari penyedia layanan ini siap membantu semua kebutuhan dan pertanyaan Anda dalam implementasi perhitungan payroll. CATAPA menyediakan layanan customer support yang dapat dihubungi melalui email, call center, dan live chat

Jika Anda tertarik untuk mendiskusikan fitur CATAPA yang dapat mendukung payroll di perusahaan Anda, atau menjadwalkan demo aplikasi bersama tim kami, silakan kunjungi halaman catapa.com/hubungi-kami

CATAPA © 2022. All Rights Reserved