Menghitung PPh 21 dengan Simulasi Pajak Penghasilan CATAPA

Sebagai wajib pajak, karyawan perusahaan sering mendengar tentang Pajak Penghasilan (PPh) sebagai komponen potongan gaji. Anda dapat menggunakan CATAPA sebagai kalkulator pajak penghasilan online dengan cara berikut ini.

Bagi karyawan dan perusahaan tentu tidak asing dengan pajak penghasilan (PPh). Pajak penghasilan (PPh) adalah pajak yang dikenakan kepada wajib pajak individu maupun badan usaha atas penghasilan yang diperoleh dalam suatu tahun pajak.

Umumnya, ada 3 metode yang digunakan perusahaan untuk menghitung pajak penghasilan atau PPh 21. Metode ini akan mempengaruhi kalkulasi pajak penghasilan yang berpengaruh terhadap gaji karyawan. 3 metode paling umum dalam perhitungan pajak penghasilan atau PPh 21 antara lain:

  1. Gross: Pajak penghasilan atau PPh 21 ditanggung oleh karyawan
  2. Gross Up: Pajak penghasilan atau PPh 21 ditanggung perusahaan dalam bentuk tunjangan pajak.
  3. Nett: Pajak penghasilan atau PPh 21 sepenuhnya ditanggung perusahaan 

Selain metode yang digunakan, ada unsur lain yang mempengaruhi perhitungan pajak penghasilan, yaitu status Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dan tarifnya. Semakin besar nilai PTKP yang ditetapkan pemerintah, maka nilai pajak penghasilan akan semakin kecil. Bahkan wajib pajak berpotensi tidak dikenai pajak penghasilan atau PPh 21 jika penghasilannya kurang dari PTKP. Menurut Undang-Undang (UU) Harmonisasi Peraturan Perpajakan, status PTKP adalah sebagai berikut:

Status dan Tarif Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) Tahun 2022

Fitur Simulasi Pajak Penghasilan PPh 21 di CATAPA

Dalam memudahkan perhitungan pajak penghasilan PPh 21, Anda dapat menggunakan fitur Simulasi Pajak (Tax Simulation) di aplikasi payroll CATAPA. Fitur ini dapat menjadi kalkulator PPh 21 untuk membantu Anda mengetahui besaran gaji bersih karyawan dengan menghitung pajak yang harus dibayarkan.

Fitur Simulasi Pajak (Tax Simulation) di aplikasi payroll CATAPA dapat diakses pada menu Pajak di dalam Kompensasi & Manfaat. Sebelum melakukan simulasi perhitungan pajak penghasilan secara online, Anda perlu mengisi kolom keterangan yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi karyawan.

Fitur Simulasi Pajak (Tax Simulation) di CATAPA untuk kalkulator pajak penghasilan PPh 21

Objek Pajak Karyawan

Diisi sesuai status karyawan. Pengisian objek pajak karyawan ini dibutuhkan untuk menentukan perhitungan pajak penghasilan sesuai objek PPh 21. Selain itu, kode dari klasifikasi objek pajak karyawan tersebut digunakan untuk pengisian SPT.

Metode Perhitungan Pajak

Terdapat 2 cara perhitungan pajak yang dapat disesuaikan dengan kondisi perusahaan, antara lain:

1. Standard: perhitungan pajak bulanan tidak selalu memperhitungkan penghasilan dan pajak bulan sebelumnya. 

2. Forward: perhitungan pajak bulanan selalu memperhitungkan penghasilan dan pajak bulan sebelumnya.

NPWP

Disesuaikan dengan kepemilikan NPWP karyawan

Metode Pajak

Merupakan metode perhitungan pajak yang berlaku dalam perusahaan Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada 3 metode pajak yang umum digunakan yaitu Gross, Gross Up, dan Nett.

Status Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)

Mengacu pada status PTKP karyawan yang akan dihitung simulasi pajaknya.

Denda karyawan tanpa NPWP

Kebijakan denda mengacu pada aturan masing-masing perusahaan. Denda dapat dibebankan kepada karyawan, atau mengikuti metode pajak yang digunakan.

Penghasilan Neto Periode Sebelumnya

Diisi sesuai nominal penghasilan neto pada bukti pemotongan pajak pada periode sebelumnya. Jika karyawan belum pernah bekerja sebelumnya, dapat dikosongkan dengan mengisi angka nol ‘0’. 

Pajak Periode Sebelumnya

Diisi sesuai jumlah nominal PPh 21 yang telah dipotong dan PPh 21 dan PPh 26 yang telah dipotong dan dilunasi pada bukti pemotongan pajak pada periode sebelumnya. Atau Anda dapat menjumlahkan baris ke-18 dan baris ke-20 dalam formulir 1721-A1 milik karyawan yang akan disimulasikan pajaknya.

Periode

Disesuaikan dengan periode simulasi perhitungan pajak yang diinginkan.

Cara Menggunakan Kalkulator Pajak Penghasilan PPh 21 di CATAPA

1. Mengisi kolom keterangan sesuai dengan kondisi karyawan

2. Mengisi Tunjangan Pajak, Tunjangan Lainnya, Honorarium, Premi Asuransi, Natura dan Bonus jika komponen tersebut dikenai pajak.

3. Mengisi Iuran Pensiun Bulanan

4. Klik ‘Simulasi’ untuk mendapatkan hasil simulasi perhitungan pajak penghasilan. Hasil simulasi PPh 21 akan ditunjukkan pada kolom Pajak Bulanan. 

5. Anda dapat melakukan perubahan nominal pada kolom yang tersedia untuk perubahan. Jika Anda ingin mengulang simulasi dari awal, klik ‘reset’.

6. Anda dapat mengunduh hasil simulasi perhitungan dengan klik ‘download’

Kelola Perhitungan Pajak Penghasilan PPh 21 Karyawan Lebih Mudah dengan Aplikasi Payroll CATAPA

Software payroll CATAPA dapat melakukan perhitungan pajak penghasilan PPh 21 secara otomatis dan akurat pada proses penggajian bulanan di perusahaan Anda. Tidak hanya perhitungan PPh 21, berbagai perhitungan komponen penggajian seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, lembur, cuti dan lainnya dapat dikalkulasi hanya dengan satu klik melalui One Click Payroll. Perhitungan gaji di CATAPA juga terintegrasi dengan absensi karyawan sehingga proses penggajian semakin mudah.

Sebagai solusi penggajian pintar berbasis cloud, CATAPA memungkinkan Anda untuk memproses payroll secara kolaboratif sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan. Akses terhadap software payroll CATAPA juga tidak terbatas waktu dan tempat. Selama Anda memiliki koneksi internet, Anda dapat memproses payroll kapan dan dimana saja. Data penggajian karyawan juga terekam dan dapat dipantau secara real-time. 

Dengan semua kemudahan yang diberikan CATAPA, perhitungan pajak penghasilan PPh 21 dan proses penggajian tidak lagi menjadi proses yang rumit. Jadi, gunakan CATAPA untuk digitalisasi payroll Anda dengan klik tombol di bawah ini!

CATAPA © 2021. All Rights Reserved