4 Prediksi Tren HR di Tahun 2024

Human resources (HR) mengalami perkembangan seiring dengan perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis. Perkembangan ini akan berpengaruh pada tren hr di tahun 2024.

Daftar Isi
Ditulis oleh
Salma Nurshafa
·
December 13, 2023
· Waktu baca
5
menit
4 Prediksi Tren HR di Tahun 2024

Bidang Sumber daya manusia (SDM) atau Human Resources (HR) mengalami perkembangan seiring dengan perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis. Di tahun 2024, beberapa hal diprediksi akan menjadi tren yang akan berpengaruh pada strategi pengelolaan SDM atau HR perusahaan.

Artikel ini akan merangkum beberapa prediksi tren HR di tahun 2024.

Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Operasional HR

Adopsi AI telah menjadi pembicaraan hangat dan sudah mulai diimplementasikan dalam beberapa tahun terakhir, namun perkembangan ini diperkirakan masih akan terus meningkat pada tahun 2024, terutama dalam ranah SDM seperti rekrutmen, evaluasi karyawan, dan pengelolaan penggajian.

 

Menurut studi dari IDC, pada tahun 2024, diperkirakan 80% dari 2000 organisasi global akan menggunakan "manajer" yang didukung oleh Artificial Intellegent (AI) atau Machine Learning untuk mengerjakan tugas yang berkaitan dengan pengelolaan SDM atau karyawan mereka.

Pemanfaatan teknologi berbasis AI memungkinkan otomatisasi tugas-tugas rutin, yang pada akhirnya akan memberikan kesempatan bagi HR untuk lebih produktif dan lebih fokus pada perencanaan strategis.

Baca juga: Penerapan Artificial Intelligence (AI) pada Fungsi HR

Fleksibilitas Kerja

Meskipun masa pandemi telah berakhir, beberapa praktik yang menjadi kebiasaan saat pandemi seperti aturan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) tidaklah menghilang.

Bahkan saat ini, fleksibilitas kerja seperti sistem kerja hybrid atau Work From Anywhere (WFA) telah menjadi salah satu faktor krusial bagi para pekerja dalam memilih pekerjaan. Oleh karena itu, strategi yang menawarkan fleksibilitas kerja diperkirakan akan tetap relevan pada tahun 2024 untuk menarik minat karyawan dan mendapatkan karyawan yang berbakat.

Tren ini juga didukung oleh kemajuan teknologi seperti cloud, yang memungkinkan para pekerja untuk bekerja di mana pun mereka berada.

Keanekaragaman, Kesetaraan, dan Inklusi (DEI)

Dalam upaya untuk menciptakan budaya kerja yang inklusif dan adil di tempat kerja, HR memainkan peran penting dalam memastikan kebijakan dan praktik perusahaan telah mendukung prinsip-prinsip DEI (Diversity (Keberagaman), Equity (Kesetaraan), Inclusion (Inklusi)).

Organisasi yang berkomitmen untuk mencapai keberagaman dan kesetaraan yang seimbang bukan hanya telah mematuhi peraturan dan mendapatkan citra yang positif,  tetapi juga membuka peluang bagi perusahaan untuk mendapatkan  ide-ide baru dari berbagai sudut pandang.

Pengembangan Keterampilan Berkelanjutan

Dalam lingkungan kerja yang terus berubah, di mana teknologi terus berkembang dan kebutuhan akan keterampilan baru terus bertambah, membuat pengembangan keterampilan berkelanjutan akan menjadi fokus utama dalam strategi SDM.

Karyawan yang terampil dan terus mengembangkan diri diharapkan menjadi aset berharga bagi perusahaan. Tren ini sejalan dengan upaya organisasi untuk memastikan bahwa karyawan mereka terus mampu menghadapi tuntutan pekerjaan yang berkembang dan mempersiapkan diri terhadap perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis.

Prediksi tren HR dapat digunakan sebagai gambaran untuk tim HR dalam menentukan strategi terkait pengelolaan sumber daya manusia atau karyawan, selain itu tren HR juga berpengaruh pada proses kerja HR di tahun mendatang. 

Sebagai payroll platform terautomasi, CATAPA telah menghadirkan inovasi yang sejalan dengan perkembangan khususnya bagi tim HR. CATAPA memiliki fitur berbasis AI yang akan memudahkan HR melakukan analisis data terkait data penggajian dan data karyawan, CATAPA juga merupakan software berbasis cloud, sehingga bisa mendukung fleksibilitas tim HR dan karyawan.

COBA CATAPA SEKARANG!