Sejarah Payroll dari Masa ke Masa

Payroll adalah salah satu aspek penting dalam dunia kerja. Seiring dengan perkembangan zaman, sistem payroll juga telah mengalami berbagai perubahan dan inovasi. Berikut ini adalah sejarah payroll dari masa ke masa.

Daftar Isi
Ditulis oleh
Salma Nurshafa
·
May 9, 2023
· Waktu baca
5
menit
Sejarah Payroll dari Masa ke Masa

Payroll adalah salah satu aspek penting dalam dunia kerja. Dalam era modern, sistem payroll  telah mengalami perjalanan yang panjang dan penuh dengan inovasi. 

Perubahan zaman dan teknologi telah memengaruhi bagaimana sistem payroll dijalankan. Dari penghitungan gaji secara manual hingga sistem digital terintegrasi, dan akan terus berkembang di masa depan.

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang perkembangan sistem payroll dari masa ke masa.

Tahun 1940-an

Pada tahun 1940-an, proses penggajian masih dilakukan secara manual. Pada masa ini karyawan harus menghitung jam kerja secara manual dan kemudian dicatat dalam buku besar.  Setelah itu, barulah upah karyawan dihitung. 

Tahun 1950-an

Pada tahun 1950-an, mulai diciptakan sistem komputerisasi  Lyons Electronic Office (LEO) yang dapat digunakan untuk membantu dalam proses administrasi termasuk penggajian.

Baca Juga : Kesalahan Umum dalam Payroll dan Cara Mengatasinya

Sistem PC dan Spreadsheet (1980-an)

Pada tahun 1980-an, komputer personal (PC) dan software spreadsheet seperti Microsoft Excel mulai digunakan untuk mengelola sistem penggajian.  Bahkan sampai saat ini masih ada perusahaan yang menggunakan microsoft excel untuk memproses penggajian perusahaan.

Meski demikian, terdapat beberapa kekurangan dalam mengelola sistem penggajian dengan excel, diantaranya adalah resiko terjadinya human error, keamanan data, dan juga kurangnya fleksibilitas.

Sistem Payroll Berbasis Cloud

Seiring dengan perkembangan teknologi, berdampak juga pada perkembangan sistem payroll yang jauh lebih modern. Dengan adanya teknologi cloud computing, sistem penggajian dapat dilakukan melalui internet.

Sistem payroll berbasis cloud memungkinkan perusahaan untuk mengelola data karyawan dan penggajian dengan lebih mudah dan cepat. Sistem payroll berbasis cloud juga dinilai lebih aman karena data karyawan tersimpan di server yang terlindungi dan hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang. 

Baca juga : 10 Manfaat Software HR Berbasis Cloud untuk Bisnis Anda

Evolusi sistem penggajian dari masa ke masa telah membantu perusahaan dalam mengelola penggajian karyawan dengan lebih baik. Dengan software payroll berbasis cloud seperti CATAPA, proses penggajian perusahaan menjadi lebih cepat dan mudah. Mulai dari absensi online, perhitungan cuti dan lembur otomatis, hingga perhitungan gaji karyawan dengan komponen gaji seperti pajak penghasilan PPh 21, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui CATAPA.

COBA CATAPA SEKARANG!