GenAI Tech Day 2023 Recap: Revolutionizing HR, Generative AI in Payroll

Penerapan Generative AI merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia dalam berbagai bidang. Dalam event GenAI Tech Day 2023, Stefanie Suanita selaku CEO dan Founder CATAPA, telah membahas mengenai adopsi Generative AI dalam Payroll sebagai revolusi dalam bidang Sumber Daya Manusia (Human Resources).

Daftar Isi
Ditulis oleh
Salma Nurshafa
·
July 27, 2023
· Waktu baca
5
menit
GenAI Tech Day 2023 Recap: Revolutionizing HR, Generative AI in Payroll

Apakah teknologi dapat menggantikan pekerjaan manusia? Mungkin Anda pernah mendengar pertanyaan ini. Namun, sebenarnya bukanlah teknologi yang dapat menggantikan Anda, melainkan mereka yang telah menggunakan teknologi. 

“Technology will not replace You, but humans using technology will”

Pernyataan yang dikutip saat event GenAI Tech Day 2023 ini semakin membuka mata untuk terus beradaptasi dengan teknologi. Penggunaan teknologi tidak hanya dapat meningkatkan produktivitas, tetapi juga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi.

Penerapan Generative AI merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi pada masa kini yang dapat membantu pekerjaan manusia dalam berbagai bidang.

Dalam event GenAI Tech Day 2023, Stefanie Suanita selaku CEO dan Founder CATAPA, telah membahas mengenai adopsi Generative AI dalam Payroll sebagai revolusi dalam bidang Sumber Daya Manusia (Human Resources).

The Evolution of Payroll

GenAI Tech Day 2023
GenAI Tech Day 2023

“Teknologi erat kaitannya dengan evolusi dari payroll itu sendiri”

Teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari evolusi payroll itu sendiri. Sebelum abad ke-19, proses penggajian dilakukan secara manual dengan menggunakan Ledger (Buku besar) dan Arithmetic. Lalu pada akhir abad ke-19, muncul perhitungan mekanis seperti kalkulator yang mempercepat proses perhitungan gaji.

Kemudian pada pertengahan abad ke-20, sistem penggajian berbasis komputer mulai digunakan dengan mesin-mesin lokal. Setelah itu, seiring dengan munculnya internet dan cloud, hadir juga sistem penggajian online. Saat ini, kita telah mencapai tahap di mana kecerdasan buatan (AI) telah terintegrasi dalam proses penggajian.

Seiring dengan perkembangan teknologi, sistem payroll juga ikut semakin berkembang menjadi lebih cepat dan efisien.

Bagaimana Penerapan Generative AI dalam Payroll?

Sebagai bentuk dari implementasi Generative AI, CATAPA telah merilis HelpGPT dan Asisten Analitik GPT (AA GPT).

Dengan adanya inovasi ini, CATAPA dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas kerja, terutama dalam pengambilan keputusan SDM.

HelpGPT

HelpGPT merupakan aplikasi berbasis ChatGPT yang dirancang untuk menjawab pertanyaan seputar peraturan pemerintah terkait ketenagakerjaan, serta pertanyaan tentang produk CATAPA. HelpGPT dapat membantu Customer Service CATAPA dalam menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan, sehingga membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam pelayanan pelanggan.

Meskipun pengetahuan dari OpenAI terbatas hingga tahun 2021, namun berdasarkan penjelasan Stefanie Suanita,  CATAPA telah mengatasi hal ini dengan melakukan pelatihan pada LLMs (Large Language Models) agar dapat memahami aturan pemerintah terbaru. 

 

“CATAPA juga menghadirkan source yang langsung bisa di klik, CATAPA akan membawa pengguna  ke sumber yang terpercaya”

Dengan adanya upaya tersebut, CATAPA berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan memberikan informasi yang akurat, sehingga dapat membantu pengguna dalam memahami peraturan pemerintah yang berlaku.

Asisten Analitik GPT (AA GPT)

Setiap akhir bulan, HR perlu menyusun laporan untuk diserahkan kepada upper management, seperti laporan pengeluaran payroll, pemakaian dana per divisi, dan lainnya. Sebelum adanya Asisten Analitik GPT, HR perlu melewati 4 tahapan dalam menyusun laporan. Belum lagi jika ada permintaan data lain dari pihak upper management. Hal ini tentu saja membuat HR harus menyusun laporan dari tahap awal.

Tetapi, dengan kehadiran Asisten Analitik GPT, semua dapat disimplifikasi kedalam satu tahap. Kini upper management dapat dengan mudah bertanya kepada Asisten Analitik GPT dan akan mendapatkan jawabannya secara instan.

Asisten Analitik GPT dapat memberikan analisis dalam berbagai format, baik itu grafik, tabel, dan lainnya. Selain itu, Asisten Analitik GPT juga memberikan suggestion prompt yang akan memudahkan pengguna ketika mengajukan pertanyaan, ungkap Stefanie Suanita.

Apa Saja Manfaat Generative AI di CATAPA untuk Perusahaan?

CATAPA dapat digunakan mulai dari startup hingga enterprise level

CATAPA menawarkan solusi yang relevan untuk berbagai skala perusahaan, baik itu startup maupun perusahaan level enterprise.

Dimana startup biasanya memiliki keterbatasan dalam hal sumber daya dan anggaran. Namun dengan CATAPA, startup dapat meningkatkan produktivitasnya tanpa perlu menambah sumber daya.

Sementara itu, kendala yang umumnya dihadapi perusahaan level enterprise adalah memiliki banyak data payroll dan data karyawan yang perlu dikelola . Dengan CATAPA, pengelolaan data yang rumit bisa menjadi lebih sederhana.

CATAPA dapat membantu perusahaan meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan. Kedua hal ini dapat membantu menciptakan operational excellence bagi perusahaan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini manfaat dari Generative AI di CATAPA khususnya Asisten Analitik GPT.

  1. Enhance visibility Pemilik bisnis dapat melihat data karyawan dan data payroll secara real-time tanpa menunggu report dari HR
  2. Streamlined data preparation : Tidak perlu menunggu orang lain, Asisten Analitik GPT dapat menghasilkan laporan dengan cepat dan akurat.
  3. Enabling data-driven decisions : Keputusan yang diambil didasarkan pada data yang terpercaya, bukan sekadar perasaan atau estimasi semata.

hubungi kami