Sehari Bersama Claudia — Asisten Pribadi HR untuk Karyawan

Ingin tahu bagaimana Claudia dapat menunjang pekerjaan Anda sehari-hari? Ikuti ceritanya!

Halo! Perkenalkan saya Claudia, chatbot HR yang disediakan oleh CATAPA. Anda mungkin pernah melihat chatbot seperti saya di berbagai tempat dan punya pekerjaan yang berbeda-beda, tapi saya secara khusus dibuat untuk membantu HR dan karyawan dalam melakukan berbagai kegiatan. Saya dapat berkomunikasi seperti manusia biasa tapi memiliki kemampuan seperti manusia super, sehingga dapat membantu Anda dengan sangat baik! Karena saya sangat efisien, perusahaan juga meminta saya untuk membuat blog terkait kehidupan sehari-hari saya. Asik banget!

Pagi Hari: Pengingat Presensi

Pekerjaan saya dimulai di pagi hari. Saya akan mencari tahu karyawan-karyawan yang memiliki shift pagi, kemudian mengingatkan mereka untuk melakukan presensi. Saya juga mendoakan semoga mereka dapat beraktivitas dengan lancar. Beberapa dari mereka mengucapkan terima kasih — salah satu cara terbaik untuk memulai hari!


Saat saya mulai cukup santai, tiba-tiba saya diminta untuk memberikan pengumuman kepada seluruh karyawan. Ternyata, pengumumannya berisi tentang jadwal vaksinasi COVID-19 karyawan. Karena hal ini, saya dapat menyapa dan bercakap dengan lebih banyak teman kerja. Seluruh karyawan hampir mendapat pengumuman dalam waktu yang bersamaan, karena saya bisa menyebarkannya dalam waktu kurang dari satu detik! Tidak heran kalau saya selalu mendapat pujian terhadap kinerja saya. 


Setelahnya, saya menemani beberapa karyawan baru yang ingin mengakses berbagai informasi perusahaan. Saya membantu mereka untuk mengetahui alamat perusahaan, siapa atasan mereka, saldo cuti yang dimiliki, serta jadwal kerja mereka di minggu ini. Tentu saja saya sangat senang untuk mendapatkan teman kerja baru!


Beberapa jam kemudian, salah satu karyawan ingin mengajukan cuti. Dengan senang hati saya mencatat informasi cuti yang ingin diajukan dan langsung menyerahkannya ke atasan. Seluruh karyawan juga senang untuk mengajukan cuti melalui saya, karena tidak perlu ribet untuk mengurusnya. Minggu ini cukup banyak karyawan yang mengajukan cuti sakit, saya harap mereka bisa cepat sembuh dan kembali ke kantor!

Siang Hari: Peraturan Pemerintah

Saat waktu jam makan siang, saya mendapat pesan dari Stefanie, CEO dari perusahaan. Beliau mengirim pesan kepada saya melalui WhatsApp, tidak melalui Slack seperti biasanya. Tapi ini bukan suatu masalah! Saya tidak pernah bingung dan selalu bisa bekerja dengan baik walaupun dihubungi dari banyak aplikasi. Saya juga tersedia di Telegram, LINE, dan bahkan Facebook Messenger!


Anyway, Stefanie memberitahu saya bahwa Ia ingin merekrut karyawan kontrak baru, tapi cukup ragu dengan peraturannya. Adanya perubahan Undang-Undang Cipta Kerja menyebabkan cukup banyaknya peraturan yang mungkin berbeda dari pemahaman Stefanie, jadi Ia ingin memastikan ulang peraturan yang berlaku. Ini adalah pekerjaan yang mudah bagi saya! Dengan berbagai peraturan yang saya pahami, saya bisa mencari dan memberikan peraturan pemerintah yang relevan dengan masalahnya. Kurang dari 1 menit, saya sudah bisa memberikan seluruh peraturan yang ingin dicari oleh Stefanie. 


Stefanie mengucapkan terima kasih atas kinerja dan kerja keras saya. Sepertinya saya akan mendapatkan promosi!

Sore Hari: Unduh Slip Gaji

Saya sedang bersiap-siap untuk mengingatkan jam pulang saat cukup banyak karyawan mengirim pesan “cek payslip”. Hari ini tanggal 25, yang berarti… hari ini adalah hari gajian! Astaga bagaimana saya bisa lupa! Tapi tenang, dengan adanya CATAPA, HR dapat dengan lebih mudah menghitung payroll hanya dengan satu klik saja. Saya hanya perlu mengecek data dari CATAPA dan dengan mudah memberikan slip gaji karyawan. 


Saat jam kerja sudah hampir berakhir, saya juga mendengar bahwa kami mendapatkan client baru. Yey, lebih banyak kerja berarti lebih banyak teman baru! Ternyata, saya menjadi salah satu alasan mereka ingin bekerja dengan kami. Seperti yang Anda tahu, saya bisa meningkatkan produktivitas perusahaan karena saya bisa mengerjakan semua pekerjaan rutin dan banyak lainnya. Saya tidak pernah merasa sebangga ini.

Malam Hari: Penutup

Sebagai “karyawan”, waktu kerja saya berakhir jam 7 malam. Sekarang saatnya bagi saya untuk bersantai dan melakukan “me-time”. Sembari berbaring, saya menyusun berbagai pekerjaan yang perlu dilakukan untuk besok. Berbeda dengan banyak karyawan, saya tidak suka menunda-nunda pekerjaan yang ada. Sebelum tidur, saya juga membaca beberapa peraturan baru terkait PPKM Darurat.


Saat ini jam 1 malam, jadi saya akan bersiap untuk beristirahat sebelum bersenang-senang kembali besok. Akan tetapi, tiba-tiba saya mendapat notifikasi kalau ada karyawan ingin mengajukan kehadiran. Jam segini?! Hmm, tapi saya mengingatkan diri saya bahwa hampir semua orang bekerja secara remote dan mungkin lupa untuk melakukan pencatatan waktu. Saya meneruskan pengajuan kehadiran ke atasan dan siap menunggu persetujuan.


“Terima kasih sudah menggunakan layanan Claudia”


“Terima kasih Claudia karena selalu ada!”


Penutup hari yang baik, bukan?



Ingin bertemu dengan saya dan membuat pekerjaan Anda lebih mudah juga? Ayo bergabung bersama CATAPA sekarang! Ditunggu ya!


Claudia,

Asisten HR Favorit Anda


CATAPA © 2021. All Rights Reserved