Fitur Pencatatan Waktu Kini dengan Tampilan Baru

Fitur Pencatatan Waktu CATAPA kini hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh dan user friendly. Apa saja perubahannya?

Jika Anda pengguna ESS CATAPA, pasti sudah cukup familiar dengan fitur yang bernama “Pencatatan Waktu”. Fitur yang dapat Anda temukan di menu Manajemen Waktu (Time Management) CATAPA ini memang sangat berguna untuk memonitor kegiatan yang berhubungan dengan absensi karyawan, mulai dari mencatat waktu kerja, hingga melacak dimana posisi karyawan itu berada. 


Tetapi seperti aplikasi lainnya, kadang ada saja masalah yang menyebabkan penggunaan fitur “Pencatatan Waktu” ini tak maksimal. Masalah ini lantas menyebabkan waktu kerja tak tercatat dan akhirnya merugikan karyawan itu sendiri karena dianggap tidak melakukan absensi.


Ada beberapa faktor yang menyebabkan penggunaan fitur “Pencatatan Waktu” ini tak maksimal: 

  1. Kesalahan karyawan saat memilih shift, apabila terdapat lebih dari satu shift yang memenuhi Toleransi Absensi.
  2. Karyawan tidak menyadari dengan pasti hari atau pukul berapa mereka melakukan Pencatatan Waktu melalui ESS.
  3. Karyawan tidak menyadari bahwa saat melakukan Pencatatan Waktu, mereka belum menekan ikon Save/Simpan di dalam CATAPA.

Untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan tersebut, CATAPA kini telah memperbaharui tampilan fitur “Pencatatan Waktu” di ESS untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya. Berbagai peningkatan yang dilakukan ini membuat fitur “Pencatatan Waktu” kini tampil lebih fresh dan user friendly sehingga kesalahan penggunaan pun dapat lebih diminimalisir. 

Berikut ini adalah tutorial cara melakukan pencatatan waktu CATAPA dengan tampilan baru.


1.  Tampilan Halaman Awal Fitur “Pencatatan Waktu” Sebelum Melakukan Pencatatan Waktu

Jika sebelumnya pada tampilan informasi shift hanya menonjolkan nama shift, kini Anda dapat melihat informasi hari dan tanggal shift. Kemudian, jika terdapat shift lainnya yang memenuhi toleransi Absensi, CATAPA juga akan memberikan informasi shift Anda yang lain. Dengan perubahan ini Anda dapat lebih memastikan shift Anda memang sudah sesuai dengan waktu yang ditentukan.

2. Tampilan Halaman Form Pencatatan Waktu

Pada halaman form pencatatan waktu ini terdapat perubahan layout untuk meningkatkan kenyamanan dan penambahan opsi ubah shift yang dapat diakses ketika terdapat shift lain yang tersedia. 


Selain itu, bagi pengguna modul Facial Recognition pada ESS CATAPA, Anda akan mendapatkan instruksi yang lebih informatif sesuai dengan pengaturan foto kehadiran yang telah diatur oleh admin jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.


3. Tampilan Halaman Awal Fitur Pencatatan Waktu Ketika Pengguna Telah Melakukan Pencatatan Waktu

Sebelumnya pada tampilan Total Jam Kerja tak terlihat adanya perbedaan baik saat Anda baru menyimpan Jam Masuk ataupun saat Anda telah menyimpan Jam Keluar.

Kini tampilan Total Jam Kerja akan berubah menjadi lebih intuitif seperti ini: 

  • Jika Anda hanya baru menyimpan Jam Masuk, maka Total Jam Kerja berubah menjadi warna hijau yang menandakan bahwa Total Jam Kerja sedang dihitung CATAPA. 
  • Jika Anda telah menyimpan Jam Masuk dan Jam Keluar, maka Total Jam Kerja berubah menjadi warna hitam


Selanjutnya Log Pencatatan Waktu Hari Ini juga langsung menampilkan informasi pencatatan log yang baru saja diselesaikan tanpa harus menekan tombol dan berpindah ke halaman khusus Log Pencatatan Waktu. Anda pun sekarang mendapatkan kepastian secara instan saat Anda baru saja mengakhiri suatu shift, sehingga kesalahan catat lebih bisa dihindari. 

Itulah perubahan-perubahan tampilan pada fitur “Pencatatan Waktu” CATAPA yang dapat meningkatkan kenyamanan dan produktivitas Anda. 

Tertarik menggunakan fitur “Pencatatan Waktu” ini untuk memonitor aktivitas absensi karyawan Anda? Coba saja CATAPA Gratis di sini

CATAPA © 2021. All Rights Reserved