Earphone Kabel vs Wireless Untuk Bekerja

Mendengarkan musik saat bekerja memang asyik. Namun sayangnya tak semua orang suka selera musik Anda. Komparasi di bawah ini mungkin dapat membantu Anda memilih earphone apa yang cocok untuk menemani waktu kerja nanti.

Alunan musik yang syahdu memang dapat menambah semangat ketika sedang bekerja. Dentuman beat yang saling beriringan membuat mood mu naik dan tidak cepat bosan. Namun sayangnya tidak semua orang suka dengan selera musikmu. Alih-alih menambah semangat, selera musikmu malah akan menambah musuh rekan kerjamu yang jadi teralihkan konsentrasinya. 

Jika sudah begini, dua pilihan yang bisa kamu pilih. Matikan suara musiknya, atau gunakan headset atau earphone supaya teman di sebelah tak terganggu. Namun tentu saja jika pilihannya selesai di situ, tidak ada artinya artikel ini ditulis dong.


Untuk membuat pilihanmu semakin rumit, perkembangan teknologi di ranah consumer tech menyebabkan wireless earphone mulai bermunculan dimana-mana. Harganya yang semakin terjangkau juga membuat earphone yang umumnya berkoneksi bluetooth ini menjadi pilihan yang cukup menarik untuk dilirik, bahkan untuk karyawan entry level dengan gaji dekat UMK. 


Tapi dengan segala kelebihan wireless earphone, tak lantas membuat earphone berkabel menjadi usang dan tak layak lagi digunakan. Masih banyak juga kelebihan earphone berkabel  yang membuatnya tetap bisa dipercaya untuk menjadi teman andalanmu ketika bekerja.


Karena itu, dalam artikel ini akan dibahas beberapa poin yang mungkin dapat membantumu mengambill keputusan untuk memilih earphone wireless atau berkabel untuk menemani waktu kerjamu nanti. 


Kabel vs Wireless: Price to Performance

Konsensus umum yang beredar di masyarakat adalah, semakin mahal harga barang, maka semakin bagus kualitasnya. Namun ketika memilih earphone konsensus tersebut kadang tidak berlaku. Jadi bukan berarti jika Anda menghabiskan uang 2x lebih besar untuk sebuah earphone kualitasnya juga akan naik 2x lipat. 


Misalnya, dengan uang di bawah 200 rb Anda bisa memilih entry level earphone kabel seperti Audio Technica CLR100 yang cukup nyaman di telinga dan dengan kualitas suara cukup decent. Namun jika Anda memilih earphone wireless, Anda harus merogoh kocek hingga hampir menyentuh 300 rb untuk mendapatkan earphone seperti QCY T5 Pro untuk mendapatkan kualitas suara yang serupa dengan earphone berkabel. 


Jadi jika Anda ingin mendapatkan kualitas suara yang lebih baik dengan harga lebih murah, earphone berkabel menjadi pilihan yang lebih baik.

Winner: Earphone Kabel

Kabel vs Wireless: Fitur

Jika berbicara soal fitur ekstra, maka tak perlu lagi dilakukan perdebatan karena earphone wireless sudah jelas menang.


Dengan semakin banyaknya earphone wireless yang beredar di pasaran, persaingan di antara produsen earphone juga semakin ketat. Sehingga dari segi fitur, para produsen earphone wireless berlomba-lomba untuk memasukan fitur unggulan untuk menarik konsumen di pasar yang sudah mulai ramai. 


Contohnya, dengan harga di bawah 200 rb, earphone wireless Redmi Airdots menawarkan fitur seperti tahan cipratan air dengan sertifikasi IPX 4 dan kotak penyimpanan magnetik sehingga tak mudah jatuh. Harga yang sama dengan Audio Technica CLR 100 di pembahasan lalu. 


Dari segi kualitas suara, earphone kabel mungkin menang. Namun dari segi fitur, dapat mic saja sudah cukup oke untuk earphone kabel dibandingkan dengan fitur ekstra yang dimiliki earphone wireless. 


Winner: Earphone Wireless

Kabel vs Wireless: Lama Pemakaian

Waktu kerja Anda sebagai karyawan tentu tak hanya satu atau dua jam saja. Apalagi jika pekerjaan Anda termasuk ke dalam jenis desk job yang membuat Anda diam di depan meja hingga berjam-jam. 


Jika Anda termasuk tipe pekerja yang harus selalu mendengarkan musik ketika bekerja, maka earphone wireless mungkin bukan pilihan yang tepat. Karena penggunaan earphone wireless bergantung pada daya tahan baterai yang paling lama pun tak sampai 6 jam. 


Berbeda dengan earphone kabel yang lama pemakaiannya hanya bergantung pada daya tahan kuping Anda. 


Winner: Earphone Kabel

Kabel vs Wireless: Durabilitas

Jika Anda bukan tipe karyawan bergaji triple digit yang menganggap earphone sebagai barang sekali pakai, pasti Anda berharap earphone yang Anda beli dapat bertahan untuk waktu pemakaian yang cukup lama. Karena itu, durabilitas jadi aspek yang cukup penting ketika memilih jenis earphone. 


Earphone wireless memang memiliki daya tahan yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan earphone kabel. Minim part bergerak membuat earphone wireless lebih awet jika dibandingkan dengan earphone kabel yang rentan mengalami kerusakan kabel hingga suara hanya terdengar sebelah saja. 


Tetapi earphone wireless dapat mengalami penurunan performa akibat baterai yang semakin tua. Alhasil, semakin tua earphone wireless semakin rendah pula daya tahan baterainya, yang akhirnya membuat pengalaman mendengarkan musik Anda jadi terganggu karena harus sering mengisi daya earphone kembali. 


Belum lagi karena ukurannya yang kecil, earphone wireless juga lebih mudah hilang atau terselip jika dibandingkan earphone kabel. 


Karena alasan-alasan tersebut, keduanya dapat dibilang imbang untuk aspek durabilitas. Tinggal Anda yang memilih, jenis durabilitas seperti apa yang lebih penting untuk pemakaian Anda. 


Winner: Draw

Kabel vs Wireless: Kesandungability

Sebagai seorang karyawan yang juga manusia, pastinya ada kalanya ketika Anda harus meninggalkan meja kerja Anda, entah itu hanya sekedar untuk ke kamar mandi, atau mengambil makanan yang diantarkan ojek online ke tempat Anda. 


Saat momen itu terjadi, tentu sebagai seorang manusia kita tidak bisa 100% selalu awas mengenai situasi sekitar kita. Kadang kala, earphone yang sedang kita gunakan masih tertinggal di telinga kita sendiri. 


Jika Anda menggunakan earphone wireless, mungkin lupa melepas earphone bukan perkara yang terlalu serius. Paling Anda hanya akan merasakan musik yang tiba-tiba terhenti karena earphone Anda berada di luar jangkauan device yang tersambung. 


Tetapi jika Anda menggunakan earphone berkabel, potensi bahaya akan menghantui ketika Anda sampai dalam momen ketika harus pergi meninggalkan meja Anda. Jika Anda lupa melepas earphone yang Anda gunakan, maka akan terjadilah kejadian yang bernama tersandung, dimana Anda akan jatuh dan mengalami cidera fisik atau rasa malu ketika hal itu terjadi di depan rekan kerja Anda. 


Winner: Earphone Wireless. 

Itulah tadi sedikit komparasi antara earphone wireless vs earphone kabel untuk menemani waktu bekerja Anda. Pada akhirnya pilihan tentu ada di tangan Anda sendiri, aspek mana yang lebih penting untuk selera dan penggunaan yang Anda lakukan. Yang pasti, dengan menggunakan earphone, Anda akan lebih disayang teman kerja karena tidak berisik dan mengganggu kedamaian kantor meski di telinga sedang jedag jedug musik dansa.

CATAPA © 2021. All Rights Reserved