Contactless Attendance, Solusi Absensi Aman Di Era Pandemi

Era pandemi yang tak kunjung usai membuat para pelaku bisnis harus mencari solusi yang lebih permanen untuk proses absensi yang umumnya menggunakan mesin fingerprint. Contactless Attendance mungkin dapat menjadi salah satu pilihan.

Akhir Agustus 2021, PPKM Darurat kembali memasuki jilid baru. Kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat yang sudah berjalan hampir 2 bulan ini kembali diterapkan untuk menjaga momentum laju penurunan pandemi COVID-19. 


Tetapi di sisi lain, perpanjangan PPKM Darurat ini cukup berdampak bagi para pelaku bisnis. Perubahan kegiatan operasional yang mulanya dikira sementara, harus terus dilakukan hingga waktu yang tak menentu. 


Belum lagi, para ahli dan WHO menyatakan bahwa pandemi ini akan berakhir menjadi sebuah endemik, dimana penyakit COVID-19 ini tak bisa diberantas 100%, namun akan terus ada di antara kehidupan masyarakat kita. Berarti bisa saja di masa depan, perubahan kegiatan operasional yang sementara ini akan menjadi permanen. 


Kegiatan operasional sederhana seperti proses absensi juga menjadi salah satu jenis kegiatan yang tak bisa lagi dilakukan seperti sedia kala. Mesin fingerprint yang sering menjadi andalan bagi kantor-kantor besar kini menjadi sulit untuk digunakan. Pengoperasiannya yang membutuhkan interaksi fisik oleh banyak karyawan menimbulkan banyak kekhawatiran di era pandemi seperti sekarang. 


Beberapa kekhawatiran seperti rawannya mesin fingerprint menjadi tempat pusat penyebaran virus, hingga kebijakan Work from Home (WFH) yang tidak memungkinkan karyawan untuk mengakses perangkat secara fisik membuat penggunaan mesin fingerprint untuk melakukan absensi tak lagi feasible. 


Karena itu perlu ada solusi khusus agar proses absensi dapat dilakukan di mana saja sehingga tidak menimbulkan kerumunan ataupun kontak fisik yang eksesif.


CATAPA Contactless Attendance, Solusi Absensi Tanpa Kontak Fisik


Cara menggunakan Contactless Attendance

Solusi Contactless Attendance dari CATAPA merupakan salah satu alternatif pengganti mesin fingerprint yang dapat anda pilih untuk proses absensi yang lebih minim risiko di era pandemi seperti sekarang.  


Berbeda dengan mesin fingerprint yang biasanya memiliki jumlah terbatas dan harus diakses bersama oleh banyak karyawan sekaligus, Contactless Attendance CATAPA memungkinkan setiap karyawan dapat mengaksesnya melalui device mereka sendiri. 


Ini berarti karyawan dapat dengan tenang dan mudah melakukan absensi tanpa harus berkerumun sehingga dapat menurunkan resiko penyebaran penyakit menular, khususnya COVID 19. Kemudahan akses ini juga membuat karyawan perusahaan yang menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) melakukan absensi di rumah masing-masing. 


Tak perlu khawatir karyawan melipir saat melakukan proses absensi karena Contactless Attendance dari CATAPA juga dilengkapi fitur geo location/tagging, sehingga perusahaan dapat dengan mudah melacak posisi karyawan tersebut untuk memastikan bila sang karyawan melakukan absensi di tempat yang sudah disetujui. 


Untuk meningkatkan keamanan, Contactless Attendance dari CATAPA juga dapat dilengkapi dengan fitur Facial Recognition untuk memastikan proses absensi tidak dilakukan oleh orang lain selain karyawan yang bersangkutan. 


Contactless Attendance sendiri merupakan salah satu fitur yang dapat anda akses di modul Time Management HRIS CATAPA. Selain dapat mempermudah proses absensi, HRIS CATAPA juga memiliki banyak fitur lain yang dapat membantu proses administratif bisnis Anda yang lain hingga 15x lebih cepat dan efisien.


Tertarik untuk menggunakan fitur Contactless Attendance atau fitur HRIS CATAPA yang lain? Coba saja dulu, GRATIS, disini


CATAPA © 2021. All Rights Reserved