Beberapa Perubahan Peraturan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) Oleh Undang-Undang Cipta Kerja

Perubahan peraturan mengenai PKWT setelah adanya Undang-Undang Cipta Kerja.

Berikut adalah beberapa perubahan peraturan mengenai PKWT setelah adanya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja). Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja adalah Peraturan Pelaksana dari UU Cipta Kerja.

Sebelum UU Cipta Kerja Sesudah UU Cipta Kerja
Jangka Waktu PKWT 2 tahun, dapat diperpanjang 1 kali paling lama 1 tahun. Pembaharuan dapat dilakukan paling lama 2 tahun dengan masa tenggang 30 hari setelah 3 tahun pertama selesai.

Sumber: UU Nomor 13 Tahun 2003, Pasal 59
Total paling lama 5 tahun. Tidak ada masa tenggang.

Sumber: PP Nomor 35 Tahun 2021, Pasal 8
Kompensasi PKWT yang berakhir sesuai dengan jangka waktu Tidak ada kewajiban kompensasi Pemberian uang kompensasi pada saat berakhirnya PKWT. Besarnya kompensasi PKWT = Masa kerja / 12 x 1 bulan upah

Sumber: PP Nomor 35 Tahun 2021, Pasal 15 dan 16
Kompensasi PKWT yang diakhiri oleh salah satu pihak sebelum jangka waktu Pihak yang mengakhiri hubungan kerja diwajibkan membayar ganti rugi kepada pihak lainnya sebesar upah Pekerja/Buruh sampai batas waktu berakhirnya jangka waktu perjanjian kerja.

Sumber: UU Nomor 13 Tahun 2003, Pasal 62
Pengusaha wajib memberikan kompensasi atas dasar waktu yang telah dijalani.

Sumber: PP Nomor 35 Tahun 2021, Pasal 17

CATAPA menyediakan fitur Ask Regulation yang dapat diakses melalui Claudia chatbot. Dengan fitur ini, Anda dapat menemukan berbagai peraturan pemerintah terkait ketenagakerjaan, pajak, atau legal dengan lebih mudah dan interaktif.


Anda dapat menggunakan fitur Ask Regulation dengan mengikuti langkah berikut: 

  1. Akses Claudia chatbot di aplikasi chat yang Anda miliki. Saat ini Claudia tersedia di WhatsApp, Facebook Messenger, LINE, Slack, dan Telegram.
  2. Lakukan pencarian peraturan dengan cara mengetik kata "Cari...." dan tambahkan topik yang ingin dicari. Contoh: “Cari jangka waktu PKWT”, “Cari kompensasi PKWT” 
  3. Pilih untuk melakukan pencarian di Peraturan Pemerintah.


Ayo gunakan Claudia sekarang!


CATAPA © 2021. All Rights Reserved