Aplikasi Payroll Terbaik untuk Manajemen Pinjaman Karyawan

Dengan menggunakan aplikasi payroll, pengelolaan manajemen pinjaman karyawan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Cari tahu cara lengkap kelola manajemen pinjaman dengan aplikasi payroll di sini!

Proses Pinjaman Karyawan di Perusahaan

 

Pinjaman karyawan atau employee loan sudah menjadi fasilitas yang umum diberikan oleh suatu perusahaan. Secara sederhana, proses pinjaman karyawan meliputi pengajuan pinjaman, persetujuan pinjaman, dan pembayaran dengan cicilan. 

Perusahaan akan memeriksa kelayakan karyawan dengan aturan pengajuan pinjaman yang berlaku. Kemudian perusahaan akan memutuskan apakah pengajuan pinjaman disetujui atau ditolak. Jika pinjaman disetujui, karyawan akan menerima dana pinjaman dan akan membayar cicilan dengan memotong gaji setiap bulannya.

 

Klik gambar untuk registrasi

Proses ini cenderung lebih mudah dilakukan secara manual bagi perusahaan yang hanya memiliki beberapa karyawan saja. Namun untuk perusahaan yang berskala menengah hingga besar, tentunya proses ini cukup rumit dan memakan waktu yang lama. 

 

Dalam perusahaan berskala menengah dan besar, data karyawan yang harus dikelola sangat banyak. Ditambah lagi, masing-masing karyawan memiliki syarat dan tanggal pembayaran yang berbeda. Karena itu, perusahaan membutuhkan sistem manajemen pinjaman untuk mempermudah proses tersebut.

 

Manfaat Aplikasi Payroll untuk Kelola Pinjaman Karyawan

 

Salah satu cara untuk mengelola pinjaman karyawan secara efektif adalah dengan menggunakan aplikasi payroll. Fitur manajemen pinjaman atau loan management yang ada di aplikasi payroll menjadi solusi untuk membantu otomatisasi proses pinjaman karyawan. 

 

Anda bisa mengatur data karyawan yang mengajukan pinjaman, memproses pengajuan pinjaman hingga pencairan. Produktivitas tim HRD juga dapat ditingkatkan karena laporan pinjaman karyawan bisa diunduh di aplikasi payroll ini. Manfaat lain yang bisa didapatkan dalam penggunaan aplikasi payroll untuk manajemen pinjaman karyawan antara lain:

 

Meminimalisir Human Error

Dalam mengelola pinjaman karyawan, banyak variabel yang mempengaruhi perhitungan pinjaman karyawan, seperti suku bunga, jangka waktu pinjaman, nominal cicilan dan lainnya. Dengan menggunakan aplikasi payroll, perhitungan ini dapat dilakukan dengan lebih akurat. Sehingga proses pinjaman karyawan dapat berjalan lancar, tanpa terkendala adanya salah hitung.

 

Baca juga: Pengelolaan Karyawan Secara Massal

 

Mengurangi Risiko Keterlambatan

Ketika memberikan pinjaman karyawan, tentu perusahaan tidak menginginkan terjadinya gagal bayar atau keterlambatan pembayaran cicilan. Begitu pula dengan karyawan saat melakukan pengajuan pinjaman. Karyawan tentu menginginkan pencairan dana pinjaman secara tepat waktu.

 

Kedua hal ini bisa diatur dengan efektif jika menggunakan aplikasi payroll. Karena perusahaan dapat mengatur limit pinjaman karyawan, sehingga pinjaman yang diajukan sesuai dengan kemampuan karyawan. Selain itu, perusahaan juga bisa mengatur proses pencairan pinjaman sesuai kebijakan perusahaan.

 

Hemat Waktu

Melakukan manajemen pinjaman karyawan dengan menggunakan aplikasi payroll dapat mengefisiensi waktu proses pengajuan pinjaman secara manual. Karena aplikasi payroll bisa diakses di mana saja dan kapan saja, persetujuan pihak berwenang atas pengajuan pinjaman karyawan bisa dilakukan lebih cepat. Dokumentasi data pinjaman karyawan juga terpusat di aplikasi payroll yang bisa diakses tim yang berwenang sewaktu-waktu, tanpa risiko kehilangan.

 

 

Kelola Manajemen Pinjaman Karyawan yang Efektif dengan Aplikasi Payroll

 

Dalam manajemen pinjaman karyawan, aplikasi payroll memiliki tugas utama sebagai sistem yang mengelola siklus pinjaman. Untuk mengatur proses pinjaman karyawan dalam aplikasi payroll, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan:

 

1. Membuat Kebijakan Pinjaman

Tim HR bisa mengatur ketentuan pinjaman yang berlaku di perusahaan yang bersangkutan. Aturan-aturan ini meliputi limit pinjaman yang bisa diajukan oleh karyawan, format entri pinjaman, dan alur persetujuan pinjaman. 

 

2. Mengatur Tipe Pinjaman

Ada banyak jenis pinjaman yang bisa diberikan oleh perusahaan. Karena itu, dengan mengatur tipe pinjaman, tim HRD bisa mengelola detail yang mengikuti masing-masing jenis pinjaman. Seperti batas periode cicilan, jumlah maksimal pengajuan pinjaman untuk setiap jenis pinjaman dan pengaturan suku bunga. Tim HRD juga bisa mengatur karyawan yang berhak mengajukan pinjaman untuk setiap jenis pinjaman.

 

3. Proses Persetujuan Pinjaman

Perusahaan bisa mengaktifkan pengaturan sistem persetujuan otomatis jika dibutuhkan. Jika tidak, proses persetujuan akan mengikuti alur persetujuan pinjaman yang sudah ditentukan di awal.

 

4. Proses Pencairan Pinjaman

Pencairan pinjaman karyawan akan diproses setelah pinjaman disetujui. Proses pencairan pinjaman karyawan ini bisa dibayarkan bersamaan atau dilakukan terpisah dari pembayaran gaji.

 

5. Proses Pembayaran Cicilan

Selanjutnya, pembayaran cicilan akan dilakukan secara otomatis dari pemotongan gaji karyawan setiap bulannya. 

 

 

Proses pinjaman karyawan di atas, bisa anda maksimalkan dengan fitur CATAPA Loan Management. Fitur ini bisa memudahkan Anda untuk mengkonfigurasi berbagai jenis pinjaman yang ada dan berlaku di perusahaan Anda. Sehingga proses pinjaman karyawan di perusahaan Anda bisa berjalan lebih mudah, akurat, dan transparan. Nikmati kemudahan CATAPA dengan mendaftarkan perusahaan anda di sini.

 

Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang fitur-fitur CATAPA, Anda bisa menghubungi kami melalui:

Email: contact@catapa.com 

Telepon: 150150

CATAPA © 2021. All Rights Reserved