Apa itu Employee Loan (Pinjaman Karyawan) dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Tidak hanya memberi keuntungan bagi karyawan, Employee Loan juga bisa bermanfaat bagi perusahaan jika dikelola dengan Loan Management yang baik.

Karyawan merupakan aset terpenting dari sebuah perusahaan. Karena itu, perusahaan perlu memperhatikan kesejahteraan karyawannya dengan memberikan fasilitas khusus selain gaji. Salah satunya adalah dengan memberikan employee loan atau pinjaman karyawan.


Apa itu Employee Loan?

Employee loan atau pinjaman karyawan merupakan dana pinjaman yang diberikan perusahaan untuk membantu kebutuhan karyawan. Seperti sistem pinjaman pada umumnya, karyawan diharapkan untuk membayar kembali dana tersebut pada perusahaan.

Pada umumnya, perusahaan memberikan fasilitas pinjaman yang berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan Kredit Sepeda Motor (KSM). Namun karena aturan mengenai fasilitas pinjaman karyawan belum memiliki landasan hukum, maka jenis pinjaman dan aturannya pun tergantung pada kebijakan perusahaan masing-masing. 

Jadi jika perusahaan A menerapkan pinjaman karyawan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), belum tentu perusahaan B juga menerapkan fasilitas yang sama. Karenanya, perusahaan juga perlu melakukan riset terhadap kebutuhan karyawan sebelum menerapkan fasilitas pinjaman. Agar fasilitas pinjaman karyawan yang diberikan bisa tepat sasaran.


Manajemen Pinjaman Karyawan (Loan Management) yang Sehat

Meskipun tidak ada landasan hukum yang mendasari fasilitas pinjaman karyawan, namun banyak perusahaan yang memberikan fasilitas tersebut. Hal ini bertujuan sebagai timbal balik perusahaan atas kinerja karyawannya, dan solusi atas kesulitan keuangan yang mungkin dialami karyawan. 

Agar praktik pinjaman karyawan tidak merugikan kedua belah pihak, perusahaan memerlukan manajemen pinjaman yang baik. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menganalisis kondisi keuangan perusahaan. Jika kondisi keuangan perusahaan dinilai baik, barulah pinjaman karyawan bisa diberikan. 

Upaya lain yang bisa dilakukan perusahaan untuk memberikan fasilitas pinjaman karyawan adalah dengan menggandeng lembaga pembiayaan yang sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti BCA, Klik A2C, dan lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan sebelum memberikan pinjaman karyawan, di antaranya:

Penerima Pinjaman 

Dalam perusahaan memiliki berbagai jenis karyawan dan level jabatan yang berbeda. Perusahaan perlu menentukan siapa saja yang bisa mengajukan pinjaman karyawan. 

Misalnya, pinjaman karyawan hanya ditujukan untuk karyawan tetap. Sehingga karyawan yang berstatus kontrak atau paruh waktu tidak bisa mengajukan pinjaman karyawan.

Jumlah Maksimal Pinjaman 

Setiap jenis pinjaman tentu memiliki batas pinjaman yang berbeda-beda. Batas pinjaman ini bisa diatur sesuai dengan level jabatan atau besaran gaji karyawan. Biasanya, semakin tinggi level jabatan karyawan, nominal pinjaman yang bisa diajukan juga lebih besar. 

Perusahaan juga bisa mengatur batas jumlah jenis pinjaman yang bisa diajukan oleh karyawan. Misalnya, karyawan yang sudah mengajukan pinjaman untuk Kredit Sepeda Motor (KSM), tidak diperbolehkan untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Pembatasan nominal dan jenis pinjaman ini penting untuk mencegah ketergantungan karyawan terhadap pinjaman. 

Jangka Waktu Pinjaman 

Seperti pinjaman pada umumnya, perusahaan juga perlu menetapkan jangka waktu pinjaman untuk setiap jenis pinjaman yang diberikan. Selain dapat digunakan sebagai acuan perusahaan dalam memantau pembayaran, karyawan juga bisa mengatur pinjaman sesuai dengan rencana keuangannya.

Metode Pembayaran Pinjaman 

Skema pembayaran juga perlu disosialisasikan oleh perusahaan sebelum memberikan pinjaman karyawan. Hal ini bertujuan agar karyawan dapat memilih cara yang paling nyaman bagi mereka dalam melakukan pembayaran. 

Cara pertama adalah dengan pemotongan gaji secara otomatis. Metode ini dapat mengurangi risiko gagal bayar bagi perusahaan. Cara kedua adalah dengan pembayaran tunai ke perusahaan. Cara ini mungkin efektif dilakukan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang tidak memiliki karyawan terlalu banyak.


Manfaat Employee Loan (Pinjaman Karyawan) bagi Perusahaan

Memberikan fasilitas pinjaman karyawan merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan perusahaan untuk menunjukkan kepedulian terhadap kesejahteraan karyawan. Karyawan yang merasa diperhatikan oleh perusahaannya, tentu akan merasa lebih bahagia. 

Manfaat lain yang bisa didapatkan perusahaan jika menerapkan fasilitas pinjaman karyawan antara lain:

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Masalah keuangan seperti biaya pendidikan anak, biaya pengobatan, atau biaya hidup dapat memicu stres bagi karyawan. Pinjaman karyawan dapat meringankan biaya-biaya yang muncul dalam kehidupan pribadi karyawan, sehingga dapat membantu mengurangi stres. Dengan demikian, karyawan bisa lebih fokus terhadap pekerjaannya, yang berdampak pada produktivitas yang meningkat.

Membangun Loyalitas Karyawan

Perusahaan bisa mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat kerja yang memperhatikan kebutuhan karyawannya. Selain itu, fasilitas pinjaman karyawan juga bisa meningkatkan loyalitas karyawan. Karena karyawan akan berpikir ulang untuk berpindah kerja, jika perusahaan lain tidak memberikan fasilitas yang sama.


Cara Mudah Manajemen Pinjaman Karyawan dengan Fitur Loan Management CATAPA

CATAPA memberikan solusi yang mudah digunakan bagi perusahaan yang ingin atau sudah menerapkan fasilitas employee loan (pinjaman karyawan). Melalui fitur CATAPA Loan Management, perusahaan dapat mengatur pinjaman yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. 

Fitur Manajemen Pinjaman (Loan Management) dari CATAPA meliputi semua proses yang dibutuhkan perusahaan dalam menerapkan employee loan (pinjaman karyawan). Mulai dari pengajuan pinjaman karyawan hingga pelunasan. 

CATAPA juga memiliki fitur Setup Loan Management yang memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam melakukan pengaturan data yang disesuaikan dengan kebijakan pinjaman masing-masing perusahaan. Jadi, manajemen pinjaman karyawan bisa dilakukan lebih cepat, mudah, dan transparan. 

Jika ingin mendaftarkan perusahaan anda untuk fitur CATAPA Loan Management, silakan klik di sini

CATAPA © 2021. All Rights Reserved